Profil William Saliba, Bek Pinjaman dari Arsenal, Debutan Prancis

Mari berkenalan dengan William Saliba

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 23 Maret 2022 | 15:29 WIB
William Saliba berlatih bersama Timnas Prancis. (Franck Fife/AFP)

William Saliba berlatih bersama Timnas Prancis. (Franck Fife/AFP)

Bolatimes.com - William Saliba masuk ke dalam daftar pemain Timnas Prancis yang dipanggil untuk melakoni dua laga persahabatan di jeda internasional pekan ini.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengaku telah mengikuti perkembangan Saliba sejak awal musim ini. Dia terkesan dengan penampilan impresif yang diberikan Saliba bersama Marseille.

“Dia tahu sistem permainan kami. Dia memiliki kemampuan menyundul bola yang bagus dan bisa memberikan banyak ketenangan di belakang,” ungkap Didier Deschamps dilansir RMC Sport.

Baca Juga: Jelang Lawan Filipina, Kim Pan-gon Dihantui Catatan Buruk Malaysia

“Bahkan jika terkadang ada beberapa aksi kecilnya dalam situasi merebut bola,” tutup sang juru taktik.

Ini tentunya menjadi sejarah buat William Saliba sendiri karena menjadi kali pertama dipanggil untuk memperkuat Timnas Prancis. Lantas, siapa sebetulnya pemain satu ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil William Saliba

Baca Juga: Balasan Franco Morbidelli usai 'Bajak' Motor Polisi di Mandalika

Sosok dengan nama lengkap William Alain André Gabriel Saliba ini lahir di kota Bondy, Prancis, pada 24 Maret 2001. Dia sudah mengenal sepak bola sejak usia 6 tahun.

Saliba lantas bergabung dengan klub lokal, AS Bondy pada 2008. Dia bahkan sempat dilatih oleh ayah dari Kylian Mbappe ketika masih bocah.

William Saliba kemudian pindah ke akademi FC Montfermeil pada 2014 dan bergabung dengan akademi Saint-Etienne pada 2016. Setelah dua tahun di tim junior, dia mendapat kesempatan bermain di tim utama pada 2018.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Keturunan Indonesia yang Memutuskan Perkuat Negara Lain

Debut profesionalnya terjadi pada laga Ligue 1 saat Saint Etienne melawan Toulouse. Pada musim perdananya di tim utama Saint Etienne, dia mencatatkan 13 penampilan.

Melihat potensi yang dimiliki Saliba, Arsenal rela merogoh kocek hingga 27 juta poundsterling untuk memboyongnya pada Juli 2019. Namun, Saliba langsung dipinjamkan lagi ke Saint Etienne pada musim 2019/20.

Pada musim itu Saliba tampil cukup impresif dengan bermain sebanyak 17 kali di semua kompetisi. Dia juga membantu Saint Etienne melaju ke final Coupe de France 2020, tapi dia tak bisa bermain karena masa pinjamannya dari Arsenal sudah berakhir.

Baca Juga: Cerita Polisi di Lombok Dibonceng Pembalap MotoGP Franco Morbidelli: Bangga Tapi Deg-degan

Meski sudah kembali ke London, William Saliba tak banyak mendapat kesempatan bermain di skuad The Gunners. Dia justru lebih banyak dimainkan di tim Arsenal U-23.

Setelah tak mencatatkan satupun pertandingan di Liga Inggris, William Saliba kembali dipinjamkan ke Nice pada Januari 2021. Siapa sangka, sejak dipinjamkan kembali performa Saliba mengalami peningkatan.

Dia tampil 22 kali buat Nice di semua kompetisi selama sisa musim 2020/21, tetapi Saliba kembali dipinjamkan ke Marseille untuk musim 2021/22.

Musim ini William Saliba jadi andalan di lini belakang Marseille dengan total sudah mencatatkan 40 pertandingan di semua kompetisi.

Adapun untuk kariernya di level tim nasional, William Saliba sudah membela Timnas Prancis sejak kelompok umur U-16 hingga U-21. Hingga akhirnya pada 21 Maret lalu resmi mendapat panggilan pertama untuk membela timnas senior Prancis.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak