Boladunia

5 Pesepak Bola Dunia yang Doyan Makanan Indonesia, Rendang Jadi Menu Favorit

Rendang jadi salah satu menut favorit pesepak bola top dunia berikut ini.

Rauhanda Riyantama

 Bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen (Ian Kington/AFP)
Bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen (Ian Kington/AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pesepak bola top dunia yang jatuh cinta dengan makanan Indonesia, seperti karedok, rendang, hingga gado-gado.

Indonesia memiliki puluhan ribu masakah khas yang sangat menggoyang lidah. Tak disangka, kuliner khas Tanah Air ini mampu menarik minat para pesepak bola top dunia.

Belum lama ini, masyarakat Indonesia digegerkan dengan pengakuan gelandang Arsenal, Thomas Partey yang menyebut dirinya menyukai salah satu produk mie instan Tanah Air.

Dalam pengakuannya, ia menyebutkan masyarakat dari negaranya, Ghana kerap menghambur-hamburkan uang demi membeli mie instan tersebut.

Secara khusus, Partey juga mengakui dirinya menggemari produk mie instan Indonesia itu. Bahkan, saking enaknya, ia berharap suatu saat nanti dirinya bisa menjadi duta mie instan tersebut.

Pernyataan Partey bukanlah hal yang mengada-ada. Faktanya, produk mie instan Indonesia itu memang sangat diagung-agungkan.

Bahkan dalam sebuah laporan terkemuka, produk mie instan asal Indonesia ini bisa menjadi alat transaksi seks di Ghana.

Terlepas dari hal tersebut, pengakuan Partey akan kecintaannya pada produk mie instan itu menandakan bahwa makanan Indonesia begitu digemari di dunia, termasuk para pesepak bola.

Selain Partey, terdapat sederet pesepak bola top dunia yang menggemari makanan Indonesia. Kira-kira siapa saja pemain tersebut?

1. Jan Vertonghen

Jan Vertonghen menyebut rendang sebagai makanan terenak di dunia. (Instagram/@jvertonghen)
Jan Vertonghen menyebut rendang sebagai makanan terenak di dunia. (Instagram/@jvertonghen)

Jan Vertonghen dikenal sebagai pesepak bola yang pernah membela tim-tim papan atas, seperti Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur.

Ia juga tercatat merupakan palang pintu andalan Timnas Belgia yang berhasil menduduki peringkat pertama FIFA dan meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2018.

Jan Vertonghen merupakan salah satu pesepak bola yang menyukai makanan Indonesia. Diketahui, bek yang kini membela Benfica ini menyukai rendang.

Bahkan Vertonghen memuji rendang sebagai makanan terenak di dunia dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

2. Francesco Totti

Mantan peamin AS Roma, Francesco Totti  saat laga AS Roma vs Real Madrid di Liga Champions pada 27 November 2018 (Filippo Monteforte/AFP)
Mantan peamin AS Roma, Francesco Totti saat laga AS Roma vs Real Madrid di Liga Champions pada 27 November 2018 (Filippo Monteforte/AFP)

Siapa yang tak kenal dengan Francesco Totti? Pria yang dijuluki Pangeran AS Roma ini merupakan salah satu pesepak bola terbaik yang pernah dilahirkan Italia.

Rekam jejaknya selama berkarier banyak dihabiskan bersama klub masa kecilnya, AS Roma. Karenanya, ia dicap sebagai pemain terloyal atau pemain paling setia.

Di luar lapangan, Totti merupakan pecinta kuliner. Tak disangka, salah satu menu makanan favoritnya adalah makanan khas Indonesia, karedok.

Totti menggemari karedok saat AS Roma berkunjung ke Indonesia pada 2015 silam. Baginya, karedok tidak jauh berbeda dengan salad.

3. Miralem Pjanic

Miralem Pjanic. (Sumber: Twitter/@Fifacom).
Miralem Pjanic. (Sumber: Twitter/@Fifacom).

Selain Totti, mantan pemain AS Roma lainnya yang menyukai makanan khas Indonesia adalah Miralem Pjanic.

Diketahui, pemain yang pernah membela Juventus ini menyukai gado-gado saat AS Roma berkunjung ke Indonesia pada 2015 silam.

4. Michael Essien

Gelandang Persib Bandung Michael Essien (tengah) berebut bola pemain Arema, Esteban Vizcara. [AFP/Timur Matahari]
Gelandang Persib Bandung Michael Essien (tengah) berebut bola pemain Arema, Esteban Vizcara. [AFP/Timur Matahari]

Michael Essien dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia semasa bermain. Bahkan, ia pernah berkarier di Indonesia kala bergabung Persib Bandung.

Selama berkarier di Indonesia, pemain yang berjuluk Si Bison ini pun tak ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas Tanah Air.

Tak disangka, ia pun jatuh cinta dengan masakan Indonesia. Diketahui, dirinya menyukai nasi goreng seafood dan juga jajanan kaki lima seperti bakso dan sate.

5. Andrea Ranocchia

Potret aksi pemain Inter Milan, Andrea Ranocchia cetak gol akrobatik ke gawang Empoli di ajang Coppa Italia. (Twitter/@TGoalpost)
Potret aksi pemain Inter Milan, Andrea Ranocchia cetak gol akrobatik ke gawang Empoli di ajang Coppa Italia. (Twitter/@TGoalpost)

Berbeda dengan Totti, Pjanic, dan Essien, Andrea Ranocchia menyukai makanan Indonesia kendati dirinya belum pernah berkunjung ke Tanah Air.

Bek yang kini tercatat membela Inter Milan itu, jatuh cinta dengan makanan Indonesia dari sebuah festival kuliner yang diselenggarakan di Italia, tepatnya di kota Milan.

Dalam festival kuliner itu, Ranocchia mencicipi segala jenis makanan, di mana ia mengaku punya pengalaman menyenangkan saat mencicipi makanan khas Indonesia.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini