Boladunia

Klub Inggris Disarankan Rekrut Pemain Indonesia Jika Mau Cepat Terkenal

Klub Inggris disarankan tiru langkah Tokyo Verdy yang mendadak terkenal usai datangkan Pratama Arhan.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Tokyo Verdy mendapat ketenaran instan setelah mendatangkan Pratama Arhan. Kabar ini kemudian menjadi buah bibir, hingga media asing bernama Roker Report pun menyarankan klub Inggris merekrut pemain asal Indonesia jika mau merasakan hal serupa.

Setelah meresmikan Pratama Arhan, Tokyo Verdy mendapat efek luar biasa. Akun Instagram mereka, @tokyo_verdy kini menjadi klub dengan pengikut terbanyak di Jepang, mengalahkan tim-tim top seperti Vissel Kobe.

Tidak hanya di Jepang, media asal Inggris itu juga membahas efek yang sama dirasakan oleh klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greenees, usai menggaet Asnawi Mangkualam. Selain itu ada tim sepakbola wanita Italia, Roma Calcio Femminile yang mendatangkan Shalika Aurella.

"Sekarang, perlu disebutkan bahwa penggemar sepakbola Indonesia terkenal loyal, bersemangat, dan bangga dengan para pemain dan timnas mereka. Apa yang dilakukan para pemain Asia saat pindah ke klub di luar negaranya, tak bisa dianggap remeh," tulis Roker Report.

Selain itu, Roker Report juga mengungkap data efek dari klub-klub Eropa khususnya tim wanita mendatangkan pemain-pemain dari Asia.

"Banyak fans Jepang yang mengikuti Arsenal Women dan West Ham United Women, karena mereka memiliki pemain Jepang seperti Mana Iwabuchi dan Yui Hasegawa."

"Tottenham Hotpsur Women mendapatkan banyak pengikut dari China karena memiliki Tang Jiali dengan status pinjaman, serta dari Korea, dengan memiliki Cho So-hyun di tim. Penggemar sepak bola Korea Selatan cenderung sangat mengikuti Chelsea Women karena Ji So-yun bermain untuk klub selama hampir 8 tahun sekarang."

Oleh karena itu, media tersebut menyarankan agar klub kasta kedua Liga Inggris wanita, Sunderland mendatangkan pemain dari Asia seperti Indonesia. 

"Jika Sunderland memasuki pasar Asia, mereka bisa mendapatkan banyak pengikut. Akhir-akhir terlihat kurangnya dukungan bagi pemain, baik itu dalam hal kehadiran di game atau interaksi online."

"Tentu saja ide saya ini mungkin tidak masuk akal dan kemungkinannya sangat kecil. Tapi, itu adalah ide yang harus ada dalam pikiran klub. Apakah sesuatu yang terjadi segera atau lebih mungkin (jika pernah) ide untuk masa depan."

Sementara itu, Pratama Arhan gabung Tokyo Verdy dengan durasi kontrak dua tahun. Bukan tidak mungkin jika penampilan Arhan memuaskan bisa jadi batu loncatan untuk melanjutkan karier di Eropa, bahkan Liga Inggris.

Berita Terkait

Berita Terkini