5 Pesepak Bola Dunia Rela Tak Digaji, Termasuk Bintang Mesir

Mereka rela bermain gratis.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 15 Februari 2022 | 20:00 WIB
Pemain Nigeria Ahmed Musa rayakan golnya ke gawang Islandia di laga kedua Grup D Piala Dunia 2018, Jum'at (22/6/2018) [AFP]

Pemain Nigeria Ahmed Musa rayakan golnya ke gawang Islandia di laga kedua Grup D Piala Dunia 2018, Jum'at (22/6/2018) [AFP]

Bolatimes.com - Menjadi pesepak bola dunia jelas akan diganjar dengan gaji tinggi. Pundi-pundi uang bukan datang dari gaji saja, bisa dari iklan.

Tapi, ada sejumlah momen langka juga jika bicara gaji pemain sepak bola. Ada pemain yang rela tak digaji dengan alasan khusus.

Berikut Bolatimes sudah merangkum sejumlah nama-nama pesepak bola yang rela bermain tak digaji. Simak ulasannya:

Baca Juga: Pelatih Malaysia U-23 Akui Timnya Bukan Favorit Juara Piala AFF U-23, Siap Kalah?

1. David Beckham

David Beckham saat masih membela AC Milan (8/3/2009) [Giuseppe Cacace/AFP)
David Beckham saat masih membela AC Milan (8/3/2009) [Giuseppe Cacace/AFP)

Jelang pensiun, Beckham bergabung dengan PSG. Di sana, ia bermain setengah musim dengan gaji 170 ribu pound per pekan.

Jika dirupiahkan, eks kapten Timnas Inggris itu menerima Rp 3,2 miliar. Tapi, Beckham memilih untuk tak menerima gaji dan menyumbangkan seluruh pendapatannya untuk anak-anak di Paris,

Baca Juga: Perang Komentar Netizen Malaysia vs Indonesia usai Myanmar Mundur dari Piala AFF U-23

2. Joseba Etxeberria

Etxeberria karib dengan Athletic Bilbao. Selama berkarier di dunia sepak bola, ia berbakti selama 15 musim terhitung 1995 hingga 2010.

Menjelang masa baktinya habis di Bilbao, Etxeberria melakukan hal yang tak dilakukan pesepak bola umumnya. Pemain dengan caps 104 gol dari 514 pertandingan ini rela tak menerima gaji.

Baca Juga: Link Live Streaming Persita Tangerang vs Arema FC, Kick Off 18.15 WIB

Sejatinya, klub tetap membayarkan haknya. Namun demikian, Etxeberria memilih untuk menyumbangkan seluruh pendapatannya kepada yayasan klub.

3. Mido

Pemain berdarah Mesir, Mido saat membela West Ham United 2010. (AFP/Olly Greenwood)
Pemain berdarah Mesir, Mido saat membela West Ham United 2010. (AFP/Olly Greenwood)

Piala Afrika 2006 menelurkan nama Mido yang membawa Mesir juara. Sejak saat itu, namanya kian melambung saja di pentas Eropa.

Baca Juga: 3 Alasan Manchester United Harus Depak Ralf Rangnick

Ada cerita menarik saat Mido menjalani musim peminjaman dari Middlesbrough ke West Ham. Ketika itu, dirinya gagal mencetak sebiji gol saat membela The Hammers.

Alhasil, gaji yang didapatkannya di Middlesbrough tak ia terima. Ia memilih untuk mengembalikannya karena dirinya minim kontribusi.

4. George Throne

Nama George Throne mungkin tak karib dengan penggemar pada umumnya. Wajar saja, pemain yang memperkuat West Brom pada 2010 ini hanya berkarier selama 10 musim saja.

Pada 2014, Throne sempat berlabuh ke Derby County selama lima musim. Setelahnya, ia dipinjamkan ke Oxford United.

Namun, saat membela Oxford, dirinya mengalami cedera bahu dan absen hingga 2020. Dan saat memutuskan untuk pensiun dari sepak bola, Throne membuat kesepakatan dengan Oxford.

Dirinya bermain selama setengah musim karena Oxford telah membantunya sembuh dari cedera. Dan selama masa baktinya, ia rela tak digaji.

5. Ahmed Musa

Pemain Leicester City Ahmed Musa (kiri) rayakan gol ke gawang lawan. [AFP]
Pemain Leicester City Ahmed Musa (kiri) rayakan gol ke gawang lawan. [AFP]

Masih ingat dengan Ahmed Musa? Pemain yang membantu Leicester City menjadi kampiun Liga Inggris?

Well, namanya mungkin tak lagi setenar dulu. Kini, pemain Nigeria itu sudah pulang kampung membela Kano Pillars.

Kano sendiri adalah klub pertama Ahmed Musa. Dirinya kembali berbakti untuk mengembalikan kebugarannya karena baru sembuh dari cedera. Menariknya, saat menjalani peran di Kano, Musa rela tak digaji.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak