7 Nominasi Ballon d'Or yang Terlupakan, Ada Donny van de Beek

Donny van de Beek masuk nominasi Ballon d'Or tahun 2019.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 04 Februari 2022 | 21:00 WIB
Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or merupakan impian seluruh pemain. Saking banyaknya pemain yang pernah masuk nominasi ajang ini, beberapa nama yang pernah menjadi nominator mulai terlupakan.

Ballon d'Or 2021 telah usai pada November tahun lalu, di mana Lionel Messi untuk ketujuh kalinya terpilih sebagai peraih bola emas.

Lionel Messi mampu meraih suara terbanyak dan berhasil mengalahkan 29 pesaingnya yang ada dalam daftar nominasi dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: Beda Pengakuan Jesse Lingard dan Ralf Rangnick soal Absen di Piala FA

Untuk masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or, para pemain harus tampil konsisten dalam satu tahun kalender dan mampu memberi sumbangsih kepada klub dan negaranya.

Pada edisi 2021 lalu, Messi terpilih menjadi pemenang karena konsisten di level klub dan mampu membawa Argentina keluar sebagai juara Copa America.

Berbicara soal nominator Ballon d'Or, banyak pemain kelas dunia yang hanya sekali masuk kedalam daftar nominasi. Setelahnya, namanya menghilang bak ditelan bumi atau malah terlupakan.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol: Barcelona vs Atletico Madrid, Ajang Debut Aubameyang?

Lantas, siapa saja para nominator Ballon d'Or yang namanya terlupakan? Berikut daftarnya.

1. Dimitri Payet (2016)

Dimitri Payet/Instagram
Dimitri Payet/Instagram

Apakah masih ada yang ingat nama Dimitri Payet? Gelandang berkebangsaan Prancis ini pernah masuk daftar nominasi Ballon d'Or berkat sumbangsihnya bersama Prancis di Euro 2016.

Baca Juga: Persija Siap Jadi Tim Kedua yang Kalahkan Arema FC di Liga 1 2021

Payet sendiri hanya mendapat satu suara saja dalam voting Ballon d'Or 2016 dan finis di peringkat ke-17. Meski begitu, ia mampu mengungguli Andres Iniesta, Kevin De Bruyne, dan bahkan Thomas Muller yang sama sekali tak mendapat suara.

2. Arturo Vidal (2015 dan 2016)

Masih di Ballon d'Or edisi 2016, ada nama Arturo Vidal yang masuk daftar nominasi Ballon d'Or dan berhasil finis di peringkat ke-14 dengan koleksi empat suara.

Baca Juga: Budaya Religius, Bikin Striker Spanyol Betah Tinggal di Indonesia

Vidal berhasil meraih empat suara berkat membawa Chile memenangi Copa America Centenario pada 2016. Kini, namanya mulai hilang ditelan bumi seiring menuanya usia yang ia miliki.

3. Mario Balotelli (2012)

Mario Balotelli saat sesi latihan bersama Timnas Italia (3/6) [Marco Bertorello/AFP]
Mario Balotelli saat sesi latihan bersama Timnas Italia (3/6) [Marco Bertorello/AFP]

Pemain yang terkenal bengal ini juga pernah masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or, tepatnya di tahun 2012. Saat itu, Mario Balotelli meraih tempat ke-23 karena berhasil membawa Italia berbicara banyak di Euro 2012.

Setelah catatan gemilang itu, karier Balotelli perlahan meredup dan mulai terlupakan. Tercatat, di usianya yang ke-31, ia bermain di Liga Turki bersama Adana Demirspor.

4. Edinson Cavani (2013)

Edinson Cavani diam-diam juga pernah masuk ke dalam daftar nominasi Ballon d'Or. Ia menjadi nominator peraih bola emas pada 2013.

Di tahun tersebut, Cavani hanya finis di tempat ke-20 dengan total 12 suara berkat ketajamannya bersama Napoli dan Paris Saint-Germain.

5. Isco (2018)

Isco bersama pelatih Real Madrid, Santiago Solari. (Oscar del Pozo/AFP).
Isco bersama pelatih Real Madrid, Santiago Solari. (Oscar del Pozo/AFP).

Nama Isco dulunya dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa. Bahkan status itu dipertegas dengan keberhasilannya finis di peringkat ke-29 Ballon d'Or 2018.

Hanya saja, setelah itu karier Isco menurun drastis. Namanya kini mulai terlupakan setelah dirinya hanya menjadi penghangat bangku cadangan Real Madrid.

6. Asamoah Gyan (2010)

Jauh sebelum Sadio Mane dan Mohamed Salah, Afrika pernah mengirim nama Asamoah Gyan dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2010. Saat itu, ia finis di peringkat ke-18 mengungguli Cesc Fabregas, Dani Alves, dan Miroslav Klose.

Gyan mendapat 0,46 persen suara karena sepak terjangnya di Piala Dunia 2010. Hanya saja, setelahnya kariernya menurun drastis dan namanya hilang bak ditelan bumi.

7. Donny van de Beek (2019)

Gelandang serang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek (depan) merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur, dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]
Gelandang serang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek (depan) merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur, dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]

Donny van de Beek sempat digadang-gadang sebagai wonderkid terbaik di Eropa mengingat sepak terjangnya yang berhasil masuk daftar nominasi Ballon d'Or pada 2019 dan finis di tempat ke-28.

Namun kariernya mulai menurun seiring kepindahannya ke Manchester United. Bahkan, ia harus hijrah ke Everton di musim dingin 2022 demi menyelamatkan kariernya.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak