Profil Vincent Aboubakar, Kapten Kamerun yang Anggap Mo Salah Bisa Saja

Di mata Vincent Aboubakar, Mohamed Salah bukan pemain yang spesial

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 04 Februari 2022 | 15:24 WIB
Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar (kiri) meluapkan kegembiraan usai cetak gol tendangan penalti keduanya ke gawang Burkina Faso dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (9/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar (kiri) meluapkan kegembiraan usai cetak gol tendangan penalti keduanya ke gawang Burkina Faso dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (9/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Bolatimes.com - Kapten sekaligus penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar, membuat pernyataan yang menghebohkan sebelum laga semifinal Piala Afrika 2021 melawan Mesir.

Dalam wawancaranya dengan stasiun radio RFI, seperti dikutip dari laman resmi saluran radio Prancis tersebut, Vincent menyebut bahwa Salah merupakan pemain yang biasa saja.

Pemain milik Liverpool itu dianggap Aboubakar bukan pemain bintang. Bahkan, Aboubakar menyebut Salah tidak lebih baik dari Kylian Mbappe.

Baca Juga: Kisah Aubameyang, Dulu Dijual Murah AC Milan Kini Gabung Barcelona

"Pandangan saya masih sama. Dia memang menjalani musim yang hebat di Liga Premier, dia membantu negaranya melangkah di kompetisi ini. Saya mengharapkan yang terbaik untuknya. Semoga yang terbaik yang menang!" kata Aboubakar.

"Dia tidak terlalu membuat saya terkesan. Saya bicara ini, karena saya seorang yang jujur dan punya cara tersendiri memandang berbagai hal."

Namun, komentar Aboubakar tentang Salah pada akhirnya tidak membuahkan hasil baik buat Kamerun. Pada laga semifinal yang berlangsung, Jumat (4/2) dini hari WIB, Kamerun takluk dari Mesir.

Baca Juga: Carlo Ancelotti Legowo, Real Madrid Terdepak dari Copa del Rey

Kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga babak tambahan waktu. Di babak adu penalti, Mesir mengalahkan Kamerun 3-1 dan berkah melaju ke final Piala Afrika 2021.

Siapa sebetulnya Vincent Aboubakar? Berikut ulasan profil ringkasnya.

Profil Vincent Aboubakar

Baca Juga: Lengkap, Daftar Wakil Indonesia di All England 2022

Vincent Aboubakar merupakan pemain kelahiran Yaounde, Kamerun, pada 22 Januari 1992. Dia sudah menggeluti dunia sepak bola sejak usia dini.

Dia bergabung dengan akademi Coton Sport di Kamerun. Setelah menembus tim utama di musim 2009/10, dia bergabung dengan klub asal Prancis,  Valenciennes, pada Mei 2010.

Tiga musim bermain dengan Valenciennes di Liga Prancis, Aboubakar memainkan 81 pertandingan dengan 15 gol.

Baca Juga: Greenwood Diklaim Jadi Biang Lingard Gagal Tinggalkan Man United, Kok Bisa?

Setelah kontraknya tak diperpanjang, Aboubakar pindah ke klub Prancis lainnya dengan bebas transfer, Lorient. Dia tampil memukau dengan mencetak 16 gol dari 35 pertandingan Ligue 1.

Ketajaman Aboubakar itu membuat Porto memboyongnya pada Agustus 2014. Di Porto, Aboubakar menuai sukses dengan meraih dua gelar juara Liga Portugal.

Total selama bermain 5 musim di Porto, Vincent Aboubakar menorehkan 58 gol dalam 125 pertandingan.

Pada musim 2020/21, Abubakar pindah ke Besiktas. Ini merupakan kali kedua dia membela tim asal Turki tersebut setelah pada musim 2016/17 dipinjamkan oleh Porto ke Besiktas.

Total selama dua musim pernah membela Besiktas, Aboubakar mencetak 35 gol dari 67 pertandingan di semua kompetisi. Aboubakar juga membantu Besiktas dua kali menjuarai Liga Turki dan Piala Turki.

Adapun, karier Aboubakar di timnas Kamerun sudah dimulai sejak usianya masih remaja. Sejak usianya masih 18 tahun, dia sudah melakukan debut untuk timnas senior.

Vincent Aboubakar tercatat sudah mengemas 83 caps untuk Kamerun dengan mencetak 31 gol. Prestasi terbaiknya bersama Kamerun adalah menjuarai Piala Afrika 2017.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak