Boladunia

Pratama Arhan Absen, Ini 3 Calon Pengganti untuk Posisi Bek Kiri

Pratama Arhan mengalami cedera jelang duel Indonesia vs Timor Leste.

Rauhanda Riyantama

Pemain Arema FC, Achmad Figo. (Instagram/figoplemm)
Pemain Arema FC, Achmad Figo. (Instagram/figoplemm)

Bolatimes.com - Nama Pratama Arhan berpotensi absen saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Timor Leste, Kamis (27/01/22). Berikut 3 calon penggantinya di pos bek kiri.

Pemain muda sensasional Indonesia, Pratama Arhan berpotensi absen membela skuat Garuda kala melawan Timor Leste di ajang FIFA Matchday.

Pemain berusia 20 tahun itu berpotensi absen akibat menderita cedera jelang duel ini. Menurut pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu Pratama Arhan masih mengalami peradangan di bagian otot.

Sejatinya pemain milik PSIS Semarang ini berada dalam kondisi yang baik. Hanya saja, Shin Sang-gyu nampaknya tak cukup berani untuk memberikan izin merumput bagi Pratama Arhan.

Alhasil, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia harus menyiapkan opsi terbaik sebagai pengganti Pratama Arhan di laga melawan Timor Leste.

Apalagi, Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan atas Timor Leste demi menaikkan ranking FIFA yang saat ini bercokol di peringkat ke-164.

Lantas, kira-kira siapa saja pemain yang bisa menggantikan posisi Pratama Arhan di bek kiri andaikata dirinya tak bisa tampil? Berikut daftarnya.

1. Alfeandra Dewangga

Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Rekan setim Pratama Arhan di PSIS Semarang ini bisa menjadi opsi pertama guna menutup lubang di posisi bek kiri kala melawan Timor Leste.

Sejatinya, Alfeandra Dewangga pernah menempati pos sebagai bek kiri. Namun lambat laun ia digeser ke bek tengah dan juga sebagai gelandang bertahan.

Penampilan konsistennya dalam bertahan sepanjang Piala AFF 2020 menjadi nilai penting bagi Timnas Indonesia di laga melawan Timor Leste nanti.

2. Achmad Figo

Nama pemain debutan yakni Achmad Figo bisa menjadi opsi yang tepat bagi Shin Tae-yong untuk menggantikan posisi Pratama Arhan nantinya.

Shin Tae-yong diyakini akan menjajalnya sejak menit pertama, sembari menilai kualitasnya yang baru masuk ke tim nasional.

Achmad Figo sendiri berposisi sebagai bek sayap, di mana ia bisa ditempatkan bek kanan maupun di kiri. Hanya saja, di Arema FC ia lebih kerap dipasang di pos bek kiri.

3. Edo Febriansyah

Selebrasi pemain Persita Tangerang, Edo Febriansyah usai bobol gawang Arema FC. (Instagram/persita.official)
Selebrasi pemain Persita Tangerang, Edo Febriansyah usai bobol gawang Arema FC. (Instagram/persita.official)

Nama terakhir adalah Edo Febriansyah. Bek milik Persita Tangerang ini memang menjadi deputi Pratama Arhan, terutama di Piala AFF 2020 lalu.

Hanya saja, penampilannya cenderung kurang baik bila dibandingkah Pratama Arhan. Meski begitu, Edo Febriansyah memiliki fisik yang kuat saat menyisir lapangan.

Shin Tae-yong pun kemungkinan besar akan menunjuknya di laga melawan Timor Leste sembari mengevaluasi kinerjanya di sektor bek kiri.

 

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini