4 Alumni Turnamen Toulon yang Jadi Bintang Sepak Bola Dunia

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu nama besar yang mengikuti Turnamen Toulon.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 26 Januari 2022 | 15:04 WIB
Cristiano Ronaldo meraih gelar pemain terbaik Italia 2018/2019 dalam acara Gran Gala del Calcio 2019 di Milan. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Cristiano Ronaldo meraih gelar pemain terbaik Italia 2018/2019 dalam acara Gran Gala del Calcio 2019 di Milan. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Bolatimes.com - Turnamen Toulon menjadi salah satu ajang yang sukses melahirkan pesepak bola bintang di masa mendatang.

Sebagai turnamen yang mempertemukan tim-tim usia muda dari berbagai penjuru dunia, turnamen Toulon sering memunculkan nama-nama pemain yang berbakat.

Bahkan, dari turnamen ini, banyak pemandu bakat di dunia mencari bibit-bibit pesepak bola yang bisa dibina untuk menjadi pemain penting di masa mendatang.

Baca Juga: Presiden FAM Soroti Kekurangan Pemain Malaysia usai Tunjuk Pelatih Baru

Sejauh ini, sudah ada sederet nama-nama pemain sepak bola yang berstatus sebagai alumnus turnamen Toulon.

Bahkan, pemain-pemain ini menjelma sebagai salah satu pesepak bola terhebat di dunia pada masanya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain bintang dunia yang berstatus sebagai alumni turnamen Toulon.

Baca Juga: Pembalap Sean Gelael 'Tersinggung' dengan Cuitan Jerome Polin

1. James Rodriguez

Pemain Bayern Munich, James Rodriguez enggan merayakan gol ke gawang Real Madrid pada laga semifinal Liga Champions 2018 (AFP) .
Pemain Bayern Munich, James Rodriguez enggan merayakan gol ke gawang Real Madrid pada laga semifinal Liga Champions 2018 (AFP) .

Salah satu pemain yang ikut berjasa mengantarkan generasi emas timnas Kolombia menjuarai Turnamen Toulon pada edisi 2011 ialah James Rodriguez.

Saat itu, James Rodriguez sukses mengukuhkan namanya sebagai pemain terbaik setelah memimpin Kolombia menjuarai ajang tersebut.

Baca Juga: 3 Hal yang Mungkin Jadi Alasan PSSI Ogah Ikut Turnamen Toulon

Sejak turnamen itu, James mulai menanjak. Dia sempat bergabung ke Porto pada 2013, lalu direkrut AS Monaco dengan biaya sebesar 45 juta euro.

Setelah itu, James bergabung dengan Real Madrid setelah berhasil timnas Kolombia melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2014.

2. Javier Mascherano

Baca Juga: Ogah Kalah, Timnas Malaysia U-23 Lobi Negara Tetangga untuk FIFA Matchday

Mascherano dan Messi/Instagram
Mascherano dan Messi/Instagram

Mantan pemain andalan Barcelona di sektor pertahanan, Javier Mascherano, juga menjadi salah satu pesepak bola yang dilahirkan dari turnamen Toulon.

Saat itu, Mascherano menjadi salah satu pemain timnas Argentina U-20 yang tampil pada edisi 2003. Sayangnya, Mascherano dan kawan-kawan gagal pulang dengan trofi juara.

Meskipun demikian, Mascherano mengakhiri turnamen ini dengan gelar sebagai Pemain Terbaik turnamen Toulon 2003.

Setelah itu, kariernya melejit. Dia sempat menjadi bagian penting dari dua klub besar Eropa, yakni Liverpool dan Barcelona.

3. Thierry Henry

Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)
Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)

Thierry Henry adalah salah satu pemain sepak bola legendaris dunia yang pernah merasakan turnamen Toulon.  Mantan striker andalan timnas Prancis ini pernah mengikuti kejuaraan ini pada tahun 1997.

Saat itu, Henry disebut sebagai pemain yang bertalenta dan memiliki kecepatan. Dia mengakhiri turnamen ini sebagai topscorer dengan koleksi tiga gol.

Pada akhir turnamen, dia dianugerahi gelar sebagai pemain terbaik bersama dengan David Trezeguet, Willy Sagnol, William Gallas, dan Mikael Silvestre.

Sebab, nama-nama ini sukses mengantarkan Prancis hingga ke final dan akhirnya naik ke podium juara turnamen Toulon 1997.

4. Cristiano Ronaldo

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai menjebol gawang Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. (AFP/Oli SCARFF)
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai menjebol gawang Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. (AFP/Oli SCARFF)

Pemain bintang dunia lainnya yang berstatus sebagai alumnus turnamen Toulon ialah Cristiano Ronaldo.

Saat masih berusia 18 tahun, Cristiano Ronaldo pernah membawa timnas Portugal meraih gelar juara di turnamen ini.

Pada partai final, CR7 dan kawan-kawan berhasil menumbangkan Italia dan akhirnya keluar sebagai jawara.

Setelah saat itu, kariernya mulai menanjak bersama Sporting Lisbon. Di titik ini, ia sukses mencuri hati manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

CR7 pun menjelma sebagai salah satu pesepak bola terbaik di generasinya setelah mencapai kesuksesan bersama Man United, Real Madrid, Juventus, hingga timnas Portugal.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak