Boladunia

5 Fakta Pelatih Baru Malaysia Kim Pan-gon yang Pernah Pecat Shin Tae-yong

Kim Pan-gon didapuk jadi pelatih anyar Timnas Malaysia.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)
Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Kim Pan-gon didapuk menjadi pelatih anyar Timnas Malaysia. Fakta-fakta Kim Pan-gon terkuak, salah satunya ia andil dalam pemecatan Shin Tae-yong.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan Kim Pan-gon sebagai pelatih baru Harimau Malaya, Jumat (21/1/2022) untuk menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur usai gelaran Piala AFF 2020.

Kim Pan-gon akan memulai kariernya di Malaysia dalam waktu dekat. Ia pun menambah daftar pelatih asal Korea Selatan yang menangani timnas di Asia Tenggara.

Ia menyusul langkah pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong dan juru taktik Vietnam, Park Hang-seo.

Berikut fakta Kim Pan-gon

1. Memecat Shin Tae-yong

Kim Pan-gon disebut pernah menjahati Shin Tae-yong yang saat itu menjadi juru taktik Timnas Korea Selatan pada 2018.

Kala itu, Kim Pan-gon menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Timnas Korea Selatan gagal lolos babak grup Piala Dunia 2018. Hal ini berbuntut dengan dicopotnya Shin Tae-yong dari jabatan pelatih.

Dalam pengakuannya, Kim Pan-gon mengklaim Shin Tae-yong gagal mencapai target dari KFA, sehingga pemecatan adalah jalan keluarnya.

2. Berpotensi Bertemu Shin Tae-yong

FAM mengontrak Kim Pan-gon dengan durasi dua tahun. Dengan begitu, pelatih berusia 52 tahun tersebut berpeluang bertemu dengan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong terikat kontrak dengan Timnas Indonesia hingga 2023. Bahkan, ada peluang kontrak tersebut diperpanjang jika performa sang pelatih meningkat.

Diprediksi Kim Pan-gon bisa bertemu dengan Shin Tae-yong saat laga Timnas  Indonesia vs Malaysia atau sebaliknya. Mengingat agenda kejuaraan level Asia Tenggara ataupun Asia dihelat setiap tahun.

3. Moncer Bersama Timnas Hongkong

Karier kepelatihan Kim Pan-gon di level timnas sudah dimulai sejak beberapa tahun silam. Ia dipercaya menjadi pelatih Timnas Hongkong pada 2009-2010 dan 2012-2017.

Ia berjaya mengantarkan Hongkong mendapat medali emas pertama di kejuaran East Asian Games 2009 dan moncer di Piala Asia Timur pada 2010.

Saat Kualifikasi Piala Dunia 2018, Kim Pan-gon mempersembahkan empat kemenangan untuk Hongkong di babak fase grup.

4. Fasih Berbahasa Inggris

Kim Pan-gon dinilai memiliki modal penting sebagai pelatih. Ia disebut fasih berbahasa Inggris dan memahami sepak bola Asia.

Menyadur Vocketfc, dengan begitu, dia mudah berkomunikasi dengan staf kepelatihan, pemain maupun media.

Mantan pelatih Busan I'Park itu jiha disebut memahami budaya sepak bola di Asia dan juga Asia Tenggara. Jadi akan adaptif membersamai Timnas Malaysia.

5. Boyong 4 Asisten

Ditunjuk jadi pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon dilaporkan akan memulai pekerjaannya pada awal Februari 2022 mendatang.

Tak sendirian, ia memboyong empat asisten pelatih termasuk pelatih kiper, asisten teknis, dan analis. untuk membantu pekerjaannya di Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini