Boladunia

Digdaya di Piala Asia Wanita, Australia Punya 10 Pemain yang Mentas di EPL

Berikut daftar 10 penggawa Australia yang main di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama

Sam Kerr, pemain Timnas Wanita Australia dan Chelsea. (Instagram/samanthakerr20)
Sam Kerr, pemain Timnas Wanita Australia dan Chelsea. (Instagram/samanthakerr20)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Asia Wanita 2022 hari pertama dibuat heboh dengan kemenangan besar Australia atas Timnas Wanita Indonesia. Kemenangan besar The Matildas ini tak lepas dari banyaknya pemainnya yang berkancah di kompetisi Inggris.

Australia secara perkasa mampu menggebuk Timnas Wanita Indonesia dengan skor 18-0 di laga perdana grup B Piala Asia Wanita , Jumat (21/01/22).

Dalam laga yang berlangsung di Mumbai Football Arena itu, tim berjuluk The Matildas ini mampu menciptakan masing-masing sembilan gol di babak pertama dan babak kedua.

Samantha Kerr atau Sam Kerr selaku kapten dari Australia, menjadi bintang di laga itu dengan mencetak lima gol masing-masing di menit ke-9, 11, 26, 46 dan 54.

Penyerang berusia 28 tahun ini bisa saja mencetak enam gol, andai tendangan penaltinya di babak kedua tak mengenai mistar gawang Indonesia.

Selain itu, berkat lima golnya ke gawang Indonesia, Sam Kerr pun ditahbiskan sebagai top skor sepanjang masa Timnas Australia di kategori putra dan putri dengan total 54 gol.

Sedangkan sisa gol lainnya dicetak oleh Emily van Egmond dengan empat gol disusu oleh Hayley Raso, Ellie Carpenter, dan Kyah Simon dengan masing-masing mencetak dua gol.

Sedangkan tiga gol Australia lainnya dicetak oleh Caitlin Foord di menit ke-14, Mary Fowler di menit ke-17 an Aivi Luik di menit ke-78.

Kemenangan besar Australia ini sendiri dianggap tak mengejutkan. Pasalnya, secara materi The Matildas memiliki pemain-pemain yang berkiprah di Eropa, terutama di kancah sepak bola wanita Inggris.

Berikut daftar 10 pemain Australia yang bermain di kompetisi sepak bola wanita Inggris.

1. Samantha Kerr (Chelsea)

Pencetak lima gol ke gawang Timnas Putri Indonesia ini tercatat berkiprah di Chelsea sejak 2019. Bersama tim wanita The Blues, ia mampu meraih beragam gelar, termasuk menjadi top skor Women Super League (WLS) 2020/21 dan pemain terbaik dunia kedua menurut FIFA Best Award 2021.

2. Hayley Raso (Manchester City)

Hayley Raso yang menyumbangkan dua gol untuk Australia kala membantai Indonesia, juga menempuh karier di Inggris bersama Manchester City wanita. Sebelumnya, ia tercatat membela tim wanita Everton di WSL.

3. Alanna Kennedy (Manchester City)

Selain Hayley Ruso, pemain Australia yang bermain di Manchester City adalah Alanna Kennedy. Pemain yang berposisi bek tengah ini sebelumnya membela Tottenham Hotspur di ajang WSL.

4. Caitlin Foord (Arsenal)

Berpindah ke tim London Utara, ada nama Caitlin Foord yang membela Arsenal wanita. Penyerang berusia 27 tahun ini membela tim wanita The Gunners sejak musim 2020/21 dengan sumbangsih 10 gol di musim perdananya.

5. Steph Catley (Arsenal)

Ada pula bek Australia yang juga berkiprah di Inggris bersama Arsenal wanita. Sosok itu adalah Steph Catley yang membela The Gunners wanita sejak musim 2020/21, sama seperti Caitlin Foord.

6. Lydia Williams (Arsenal)

Bawah mistar gawang Australia pun juga diisi pemain yang bermain di Inggris, yakni Lydia Williams. Kiper berusia 33 tahun ini juga membela The Gunners wanita dari musim 2020/21.

7. Mackenzie Arnold (West Ham United)

Masih dari pos penjaga gawang Australia, ada nama Mackenzie Arnold yang merupakan kiper West Ham United. Pemain berusia 27 tahun ini bergabung tim wanita The Hammers pada musim 2020/21 dan menjadi andalan di bawah mistar hingga saat ini.

8. Tameka Yallop (West Ham United)

Selain Mackenzie Arnold, di West Ham United ada pula kompatriotnya yakni Tameka Yallop yang beroperasi sebagai gelandang. Ia baru bergabun The Hammers wanita pada musim 2021/22 ini.

9. Kyah Simon (Tottenham Hotspur)

Pos penyerang Australia juga mengirimkan pemain lainnya ke Inggris, yakni Kyah Simon yang membela Tottenham Hotspur sejak musim 2021/22 ini.

10. Emily Gielnik (Aston Villa)

Di tim wanita Aston Villa yang bermain di WSL pun ada nama Emily Gielnik yang juga baru mencicipi kompetisi di Inggris di musim 2021/22 ini.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini