Boladunia

Diterpa Badai Covid, Vietnam Hanya Diperkuat 18 Pemain di Piala Asia Wanita

Vietnam yang bawa 18 pemain di Piala Asia Wanita 2022.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Wanita Vietnam. (Dok. VFF)
Potret pemain Timnas Wanita Vietnam. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Kabar tak sedap datang dari kontestan Piala Asia Wanita 2022, yakni Vietnam. Tim berjuluk The Golden Star Girls ini tengah dilanda krisis akibat badai Covid-19.

Dilaporkan oleh The Asean Football di laman Twitter-nya beberapa jam lalu, saat ini Vietnam hanya memiliki 17 pemain yang tersedia. Sedangkan menurut laporan lainnya, skuat The Golden Star Girls saat ini hanya tersisa berjumlah 18 pemain.

Kabar tak sedap ini lantas membuat pihak penyelenggara Piala Asia Wanita panik. Sebab, muncul kekhawatiran akan penyebaran virus Covid-19.

Apalagi, skuat Vietnam baru saja tiba sehari sebelum pertandingan, per Kamis (20/01/22) malam waktu setempat. Tak pelak kekhawatiran ini kian menjadi-jadi di kalangan penyelenggara.

Selain itu, baru tibanya sebagian besar pemain Vietnam ke India membuat persiapan The Golden Star Girls pun tak matang jelang melawan Korea Selatan, Jumat (21/01/22).

Jelang pertandingan yang sudah ada di depan mata ini serta kondisi tim yang carut marut, Vietnam pun juga dihadapkan pada aturan ketat dari penyelenggara Piala Asia Wanita.

Jika menilik laporan yang ada, jumlah 18 pemain yang dimiliki Vietnam membuat mereka saat ini di batas ambang wajar jumlah pemain.

Piala Asia Wanita 2022 sendiri mewajibkan setiap tim setidaknya punya 18 pemain. Jika kurang dari jumlah tersebut, maka tim itu akan dikeluarkan dari penyelenggaraan.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Umum Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Le Hoai Anh mengaku telah mendiskusikan kesulitan yang dihadapi wakilnya dan akan mencoba memecahkan masalah itu agar memiliki pemain yang cukup di laga melawan Korea Selatan.

“Kami telah mendiskusikan kesulitan yang kami alami dan tentunya kekurangan pemain akan berpengaruh pada hasil yang kami dapatkan di Piala Asia Wanita,” ujar Le Hoai Anh dikutip dari Vietnamnet.

 “Tapi kami semua akan melakukan segalanya untuk memecahkan masalah dan berharap kami akan memiliki cukup pemain untuk laga perdana melawan Korea Selatan,” tambahnya.

Vietnam Ingin Cetak Sejarah

Vietnam sendiri tak ingin kesulitan yang mereka hadapi di Piala Asia Wanita 2022 mengubur mimpi mereka untuk menciptakan sejarah.

Pasalnya, Vietnam tergolong kontestan baru di ajang ini. The Golden Star Girls baru bergabung pada 1999. Sejak saat itu, mereka rutin berpartisipasi dengan total 9 penampilan.

Bahkan pada tahun 2008 dan 2014, Vietnam sempat dipercaya sebagai tuan rumah. Hanya saja, meski kerap tampil di ajang ini, The Golden Star Girls jarang mendapat hasil cemerlang.

Langkah Vietnam sejak mengikuti Piala Asia Wanita kebanyakan hanya terhenti di babak grup.  Pencapaian terbaiknya hanyalah menembus peringkat keenam pada 2014 silam.

Hal ini membuat Vietnam berusaha untuk mencetak sejarah di Piala Asia Wanita 2022, yakni untuk pertama kalinya lolos ke babak gugur atau fase Knock Out dan mengikuti jejak Thailand yang pernah menembus semifinal.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini