Boladunia

Kabar Baik, Aubameyang Dinyatakan Pulih Penyakit Jantung

Aubameyang sebelumnya mengalami masalah jantung hingga dipulangkan dari Piala Afrika 2021.

Rauhanda Riyantama

Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (Twitter/@arsenal).
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (Twitter/@arsenal).

Bolatimes.com - Penyerang milik Arsenal dan Timnas Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang menyatakan kondisi jantungnya dalam keadaan baik-baik saja dan dirinya dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, jagat sepak bola digemparkan dengan kabar bahwa Aubameyang terpapar Covid-19 pada 6 Januari saat hendak membela Gabon di Piala Afrika 2021.

Pasca sembuh dari Covid-19, penyerang berusia 32 tahun ini menjalani tes medis. Ternyata ia dinyatakan mengidap kelainan jantung.

Akibat diagnosa tersebut, Aubameyang pun urung membela Gabon di Piala Afrika 2021 dan dipulangkan ke London, tepatnya ke klubnya Arsenal.

Setelah sempat tak ada kabar, kini Aubameyang menyatakan bahwa dirinya dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram-nya.

Dalam unggahan tersebut, Aubameyang mengungkapkan dirinya telah menjalani serangkaian pemeriksaan dan jantungnya dalam keadaan baik-baik saja.

Ia pun mengaku sehat sepenuhnya dan bahkan siap kembali berlatih guna membantu Arsenal menjalani kompetisi Premier League 2021/22 yang padat.

Hanya saja, keinginan Aubameyang untuk membantu Arsenal bisa saja tak terwujud, mengingat dirinya tengah memiliki konflik dengan pelatih, Mikel Arteta.

Aubameyang telah terpinggirkan dan ban kapten yang melingkar di lengannya dicopot oleh arsitek asal Spanyol itu sejak Desember 2021 lalu.

Pembekuan status Aubameyang dan pencopotan ban kapten sendiri tak lepas dari tindakan indisipliner yang dilakukan mantan pemain AC Milan tersebut.

Performa Gabon di Piala Afrika 2021 Tanpa Aubameyang

Meski bintang utamanya absen di Piala Afrika 2021 karena alasan medis, Gabon tetap bisa bersaing dengan negara-negara lainnya dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Minus Aubameyang, tim berjuluk The Panthers ini mampu lolos dari ke babak 16 besar bersama Maroko dan Komoro. Adapun Gabon lolos dengan status Runner Up grup.

Dalam tiga laga di grup C, Gabon mampu meraih satu kemenangan dengan mengalahkan Komoro dan menahan imbang Ghana serta Maroko di laga kedua dan ketiga.

Keberhasilan ini menjadi catatan manis bagi Gabon yang untuk ketiga kalinya lolos dari fase grup sejak Piala Afrika 2012 kala berstatus tuan rumah.

Gabon pun bertekad bisa mengulangi catatan di Piala Afrika 2012 dan dengan menembus babak perempat final, kendati Pierre-Emerick Aubameyang absen.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini