Boladunia

Jejak Kim Hak-bum, Kandidat Pelatih Malaysia yang Sempat Bela Shin Tae-yong

Kim Hak-bum terang-terangan membela Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)
Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)

Bolatimes.com - Kim Hak-bum, masuk sebagai salah satu kandidat pelatih baru Timnas Malaysia. Kim Hak-bum, nyatanya mantan guru pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kedekatan mereka berawal dari klub Seongnam Ilhwa. Saat itu, Shin Tae-yong menjadi anak asuh Kim Hak-bum di klub tersebut.

Kim Hak-bum menjadi orang yang terang-terangan membela Shin Tae-yong. Ia menolak perintah manajemen yang ingin mendepak Shin Tae-yong dari klub.

"Saya mengurus hal-hal yang terjadi di dalam dan luar lapangan. Karena itu, dia dan saya telah bersama selama tujuh setengah tahun," kata Hak-bum seperti disadur dari Sport Seoul via Suarabekaci.id, Minggu (16/1/2021).

"Klub bahkan sempat meminta Tae-yong untuk pergi, tetapi saya dan staf pelatih memintanya untuk bertahan. Saya mengatakan ke manajemen tidak akan mengambil keputusan itu," imbuhnya.

Ketika Shin Tae-yong sudah menjadi pelayih, Kim Hak-bum pun menganggap mantan anak didiknya memiliki kualitas. Meski diakuinya, Shin Tae-yong tak disukai beberapa orang.

"Ada sedikit pemain senior bahkan junior yang tidak menyukai Tae-yong. Tapi dia berkata bahwa saya memimpin dan melihat pemain yang rajin berlatih. Itu adalah kebijakan paling penting sebagai seorang pemimpin dan Tae-yong memiliki itu," sambungnya.

Selain Kim Hak-bum, sejumlah nama juga masuk kandidat calon pelatih Timnas Malaysia, untuk menggantikan Tan Cheng Hoe. Mereka adalah Kim Pan-gon, Kim Byung-soo, dan Park Jin-sub.

Federasi sepak bola Malaysia (FAM) dikabarkan tertarik memboyong pelatih asal Korea Selatan. Seperti yang sudah dilakukan Timnas Indonesia.

(Suarabekaci.id/Galih Prasetya)

Berita Terkait

Berita Terkini