Boladunia

Profil Vu Van Thanh, Saingan Pratama Arhan untuk Masuk Daejeon Hana Citizen

Daejeon Hana Citizen dilaporkan sudah bernegosiasi dengan klub Vu Van Thanh

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Vietnam, Vu Van Thanh. (Vietnamnet)
Pemain Timnas Vietnam, Vu Van Thanh. (Vietnamnet)

Bolatimes.com - Vu Van Thanh menjadi nama pemain berikutnya yang mencuri perhatian setelah tampil apik di Piala AFF 2020. Dia dikabarkan menjadi incaran klub Korea Selatan.

Dikabarkan bahwa Vu Van Thanh sudah bernegosiasi dengan klub K-League 2, Daejeon Hana Citizen, yang juga dikabarkan mengincar bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Ketertarikan Daejeon Hana dengan Vu Van Thanh ini pun memunculkan spekulasi bahwa Pratama Arhan bakal gagal bergabung. Pasalnya, Vu Van Thanh juga biasa beroperasi di sektor bek kiri dan kanan.

Berdasarkan laporan dari Zingnews, proses transfer pemain asal Vietnam itu bakal dirampungkan sebelum kompetisi K-League 2 dimulai pada 26 Februari 2022.

Lantas, siapakah Va Vun Thanh ini sebetulnya? Berikut profilnya yang sudah dirangkum Bolatimes.

Profil Vu Van Thanh

Vu Van Thanh merupakan sosok kelahiran Thanh Mien, Vietnam, pada 14 April 1996. Sejak usianya 11 tahun, dia sudah menimbang ilmu di Hoang Anh Gia Lai-Arsenal JMG Academy.

Ini merupakan akademi sepak bola yang dikelola berkat kerjasama antara perusahaan besar Vietnam, Hoang Anh Gia Lai Corporation, bersama Arsenal dan JMG Academy milik mantan pesepak bola asal Prancis, Jean-Marc Guillou.

Akademi sepak bola ini berdiri pertama kali pada 2007 dan Vu Van Thanh menjadi salah satu anggota di angkatan pertamanya.

Vu Van Thanh cukup lama menimba ilmu di akademi ini, hingga akhirnya dia promosi ke tim utama Hoang Anh Gia Lai pada 2015.

Pada musim perdananya, dia tampil impresif dengan mencatatkan 21 penampilan di lintas ajang ditambah torehan 3 gol.

Musim 2016 menjadi tahun terbaik buat Vu Van Thanh sejauh dia berkarier di Hoang Anh Gia Lai. Dia mencatatkan 26 penampilan di Liga Vietnam dengan torehan 8 gol.

Atas penampilan gemilangnya itu, Vu Van Thanh akhirnya diganjar dengan penghargaan Pemain Muda Terbaik Vietnam pada 2016

Jika ditotal sejak musim 2015 hingga 2021, Vu Van Thanh sudah mencatatkan 151 penampilan di semua kompetisi buat Hoang Anh Gia Lai dengan mencatatkan 26 gol.

Sementara di level tim nasional, Vu Van Thanh sudah melakukan debut untuk timnas senior Vietnam sejak 2016.

Selama lima tahun terakhir membela timnas Vietnam, dia sudah mencatatkan 22 caps dengan 3 gol. Menariknya, 2 gol di antaranya dicetak ke gawang Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini