Boladunia

Nasib Nahas Dion Cools, Didepak Klub usai Bela Malaysia di Piala AFF 2020

Dion Cools dibuang ke klub yang nyaris degradasi

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools. (Instagram/@djcools21)
Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools. (Instagram/@djcools21)

Bolatimes.com - Bek Timnas Malaysia, Dion Cools, resmi dibuang oleh klubnya, FC Midtjylland. Pesepak bola keturunan Belgia-Malaysia ini didepak tak lama usai dipermalukan oleh bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Kejadian ini terjadi pada 19 Desember 2021. Ketika itu, skuat Malaysia dan Indonesia bertemu di babak pemungkas grup.

Cools sendiri bermain untuk kali pertama membela Harimau Malaya sebagai bek tengah. Sial buat pemain yang pernah mencicipi atmosfer Liga Champions itu, ia kudu rela melihat Indonesia membombardir jala Malaysia sebanyak 4 kali.

Paling mencuri perhatian adalah saat Elkan mencetak gol keempat buat Indonesia. Saat berebut bola di udara, Elkan justru memenangi duel dan mencetak gol.

Beberapa waktu setelahnya, Cools kemudian mendapat kabar buruk. Sebab, klub mengumumkan tak akan menggunakan jasanya lagi.

Tercatat selama dua tahun membela FC Midtjylland, Cools mencatatkan satu gol dan tiga assist dari 53 pertandingan di semua kompetisi. Dari jumlah itu, tiga di antaranya tercipta di Liga Champions.

Bahkan di Liga Champions 2020-2021, Cools ikut berandil saat FC Midtjylland minahan Liverpool 1-1 di fase grup. Musim ini pun Cools masih sering tampil dengan turun sebanyak 23 kali di semua kompetisi.

Namun, kelar membela Malaysia di Piala AFF 2020, nasib kurang baik diterima pemain 25 tahun ini. Cools dipinjamkan FC Midtjylland ke klub papan bawah Liga Belgia, Zulte Waregem, hingga akhir musim ini (kontrak Dion Cools bersama FC Midtjylland berakhir pada 30 Juni 2023).

Dibilang papan bawah karena hingga pekan ke-21 Liga Belgia 2021-2022, Zulte Waregem menempati posisi 16 dari 18 klub. Mereka hanya terpaut satu anak tangga dari batas atas tim yang terdegradasi.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini