Boladunia

Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kontroversi, Ini Sebabnya

Baru diresmikan di India, patung Ronaldo mendapat kecaman.

Rauhanda Riyantama

Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United mengalahkan Burnley 3-1. (OLI SCARFF / AFP)
Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United mengalahkan Burnley 3-1. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Diharapkan sebagai inspirasi para pemuda dan anak-anak di India terhadap sepak bola, patung Cristiano Ronaldo yang diletakkan di daerah Goa justru menuai kontroversi.

Banyak masyarakat India yang melakukan protes terhadap pendirian patung Cristiano Ronaldo yang dilakukan oleh pemerintahan Goa.

Michael Lobo selaku menteri di pemerintahan Goa menyebut jika keputusan membuat patung Cristiano Ronaldo dilakukan untuk inspirasi kaum muda.

Sekaligus mempromosikan sepak bola sebagai olahraga yang digemari banyak orang di dunia, mengingat masyarakat India lebih menyukai kriket.

Namun ternyata inisiatif Michael Lobo dalam memberi inspirasi justru mendapat pertentangan dari sejumlah masyarakat yang tidak terima.

Patung Cristiano Ronaldo di India. (Twitter/@MICHAELLOBO76)
Patung Cristiano Ronaldo di India. (Twitter/@MICHAELLOBO76)

"Saat orang berbicara tentang sepak bola, mereka berbicara tentang Cristiano Ronaldo," tulis Lobo pada akun Twitter pribadi usai meresmikan patung seberat 400kg.

"Kami membangun patung ini di sini agar anak laki-laki dan perempuan di usia yang sangat, sangat muda untuk mendapatkan inspirasi.

"Mereka merasa terinspirasi dan cinta dan gairah untuk permainan ini akan tumbuh." imbuhnya.

Unjuk rasa dilakukan masyarakat India yang melakukan protes dengan membawa serta bendera hitam, sejarah kelam ternyata menjadi alasannya.

Dilansir dari Aljazeera, masyarakat India merasa dihina dengan penunjukkan atlet asal Portugal sebagai ikon yang dibanggakan di daerah mereka.

Hal itulah yang membuat mereka marah, selain itu para pengunjuk rasa juga tak terima dengan ajakan untuk menghormati atlet asing.

Menurut laporan yang sama, Portugis pernah menduduki Goa selama berabad-abad dan melakukan penjajahan serta baru meninggalkan daerah tersebut 60 tahun yang lalu.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat India juga tak lepas dari rasa benci mereka terhadap sepak bola, ini menjadi kali kedua patung Ronaldo ditentang di India.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini