Boladunia

Thailand Sengaja Mainkan Kawin sebagai Penghormatan Ayahnya yang Meninggal

Kawin Thamsatchanan dimainkan menggantikan Siwarak Tedsungnoen menit ke-73.

Rauhanda Riyantama

Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. (Instagram/kawiator_26)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas ThailandAlexandre Polking, membuat keputusan nyetrik dengan mengganti kiper di tengah laga melawan Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). Usut punya usut, ia memiliki alasan menyentuh.

Dalam konferensi pers virtual sesudah pertandingan, Polking menyebut bahwa keputusan pertukaran kiper diambilnya lantaran penjaga gawang cadangan, Kawin Thamsatchanan baru saja ditinggal sang ayah yang meninggal sebelum laga.

''Saya ingin menjelaskan bahwa Kawin dimainkan tidak untuk menghina Indonesia. Jadi saya mau memberikannya kesempatan bermain untuk almarhum ayahnya," ujar Polking.

''Saya ingin membuatnya bahagia lagi,'' tandas pelatih berdarah Jerman-Brasil tersebut.

Kawin Thamsatchanan masuk ke lapangan dari bangku cadangan pada menit ke-73. Saat itu Thailand unggul dengan skor 3-0 atas Indonesia.

Kiper berusia 31 tahun itu menggantikan Siwarak Tedsungnoen. Siwarak sendiri tampil pada pertandingan tersebut lantaran kiper utama Thailand, Chatchai Bootprom cedera dan dipastikan mengakhiri turnamen lebih cepat.

 Thailand sendiri pada akhirnya menang dengan skor 4-0. Dua dari empat gol Thailand dijaringkan oleh Chanathip Songkrasin dan sisanya disumbangkan Supachok Sarachart serta Bordin Phala.

Indonesia harus menang dengan selisih minimal lima gol pada leg kedua untuk menjadi juara atau unggul empat gol untuk memaksakan pertandingan ke babak tambahan dan adu penalti.

Pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 akan digelar pada Sabtu (1/1) malam di Stadion Nasional, Singapura.

Berita Terkait

Berita Terkini