Boladunia

Wasit Laga Vietnam vs Thailand Disorot, Akun Facebook Sampai Diretas

Akun Facebook wasit yang memimpin laga Vietnam vs Thailand mengaku dihack.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Laga Thailand Vs Vietnam diwarnai Kontroversi Keputusan Wasit Saoud Ali Al-Adba (Twitter/@HTX_00882)
Laga Thailand Vs Vietnam diwarnai Kontroversi Keputusan Wasit Saoud Ali Al-Adba (Twitter/@HTX_00882)

Bolatimes.com - Wasit yang memimpin laga Vietnam vs Thailand menjadi sorotan karena keputusannya yang kontroversial. Buntutnya akun media sosial Facebook miliknya diretas oleh fan.

Kaga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim berjuluk Gajah Perang. Dua gol kemenangan anak asuh Alexandre Polking diborong oleh Chanatip Songkrasin.

Di balik kemenangan Thailand tersebut, terdapat sederet kontroversi yang dilakukan oleh wasit bernama Al Adba Saoud Ali.

Wasit asal Qatar tersebut dianggap merugikan Vietnam karena keputusan kontroversial, seperti tidak memberikan pelanggarakan saat Theerathon Bunmathan menyikut Nguyen Quang Hai.

Kiper Thailand yang memegang bola dengan sengaja di luar kotak penalti dan melakukan pelanggaran juga hanya diberikan kartu kuning saja.

Thailand juga mendapatkan hadiah penalti ketika salah satu pemainnya dilanggar oleh Vietnam. Pelanggaran itu dinilai tak layak untuk mendapatkan penalti.

Serta puncaknya handball Weerathep Pomphan diacuhkan oleh Al Adba Saoud Ali dan tak memberikan hadiah penalti ke Vietnam.

Buntut kontroversi tersebut, ramai akun Facebook wasit asal Qatar itu mengaku diretas. Dari penelusuran Bolatimes.com, akun Facebook Al Adba Saoud Ali awalnya memposting kata-kata yang mengejek fan Vietnam.

Tak lama setelah itu, dia menuliskan bahwa akun tersebut telah diretas oleh fan Vietnam.

Wasit yang pimpin laga Vietnam vs Thailand mengaku akun Facebook-nya diretas. (Facebook/Al Adba Saoud Ali)
Wasit yang pimpin laga Vietnam vs Thailand mengaku akun Facebook-nya diretas. (Facebook/Al Adba Saoud Ali)

"Akun saya diretas oleh orang Vietnam dan memposting status yang menghina kehormatan saya. Saya tidak bisa menerima ini, saya mohon pikirkan tentang tindakan bodoh itu," tulisnya.

Adapun dengan kontroversi tersebut, pelatih Vietnam Park Hang-seo meminta seharusnya Piala AFF 2020 bisa menggunakan teknologi VAR.

Sementara itu, Vietnam dan Thailand masih akan bertanding ke leg kedua pada 26 Desember 2021. Dengan hasl ini, anak asuh Alexandre Polkin punya peluang besar melaju ke babak final Piala AFF 2020.

Berita Terkait

Berita Terkini