Boladunia

Profil Hassan Sunny, Kiper Senior Timnas Singapura yang Moncer di Piala AFF

Hassan Sunny sudah dua kali mengantarkan Singapura jadi juara Piala AFF.

Husna Rahmayunita

Hassan Sunny, kiper senior Timnas Singapura. (dok.FAS)
Hassan Sunny, kiper senior Timnas Singapura. (dok.FAS)

Bolatimes.com - Hassan Sunny sudah menjadi bagian penting dari skuad Timnas Singapura. Di ajang Piala AFF 2020 ini, ia juga masih dipercaya untuk mengawal gawang The Lions.

Pada edisi kali ini, Hassan Sunny berpeluang besar untuk meraih gelar ketiganya bersama timnas Singapura di ajang Piala AFF 2020.

Sebab, sepanjang kariernya yang telah melintang sejak tahun 2003, Hassan Sunny sudah berhasil mempersembahkan dua gelar juara Piala AFF saat dulu masih bernama Piala Tiger.

Kini, di usianya yang sudah menginjak 37 tahun, pengalamannya di level internasional sangat penting bagi skuad The Lions untuk menjadi yang terbaik di ajang Piala AFF 2020.

Apalagi, pelatih kepala, Tatsuma Yoshida, selalu memberinya kepercayaan untuk menjadi penjaga gawang utama di skuad The Lions.

Profil Hassan Sunny

Hassan Sunny merupakan salah satu pemain jebolan National Football Academy atau Akademi Sepak Bola Singapura yang sukses menapaki kariernya hingga level timnas.

Hassan Sunny, kiper senior Timnas Singapura. (Instagram/@hassansunny18)
Hassan Sunny, kiper senior Timnas Singapura. (Instagram/@hassansunny18)

Pemain kelahiran 2 April 1984 itu merupakan lulusan pertama. Dia satu angkatan dengan pemain legendaris timnas Singapura seperti Baihakki Khaizan, Shahril Ishak, dan Khairul Amri.

Setelah dua tahun berlatih di NFA, Hassan Sunny kemudian sempat tercatat tampil bersama sejumlah klub profesional di Negeri Singa.

Klub pertama yang diperkuat Hassan ialah Geylang United pada tahun 2003. Setelah itu, dia bergabung dengan Young Lions dan bermain di sana dari 2004 hingga 2005.

Hassan Sunny sempat kembali memperkuat Geylang United, dia kemudian bergabung ke Tampines Rovers pada 2008.

Pada tahun 2011, kiper berpostur 185 cm ini direkrut oleh salah satu klub tersukses di Liga Singapura, yakni Singapore Armed Forces FC (SAFFC).

Sejak saat itu, dia menjadi pilihan utama di sektor penjaga gawang. Hassan mencatatkan aksi ciamik pada Liga Singapura musim 2015 saat membawa timnya itu meraih gelar juara.

Bahkan, selain prestasi kolektif, dia juga dinobatkan sebagai Singapore League Player of The Year musim 2014. Kiprahnya itulah yang mengantarkan Hassan berkarier di Thailand saat direkrut Army United FC pada 2015.

Namun, karena klub tersebut terdegradasi pada Desember 2016, dia akhirnya dilepas dan kembali ke Singapura untuk bergabung bersama Home United.

Hassan Sunny sempat kembali direkrut Army United FC untuk tampil di ajang Thai League 2 musim 2018. Setelah dua musim bermain di Thailand, ia kembali pulang untuk memperkuat Home United sampai saat ini.

Sementara itu, kisah sukses Hassan Sunny bersama timnas Singapura tercipta sejak dia masih berusia muda,

Sejak menjadi bagian dari skuad timnas Singapura pada usia 19 tahun, Hassan sukses mempersembahkan dua gelar Piala AFF untuk negaranya. Masing-masing diraih pada edisi 2004 dan 2007.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini