Profil Dominic Tan, Pemain Malaysia yang Sesumbar Kalahkan Indonesia

Dominic Tan sempat gabung ke klub Portugal.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 17 Desember 2021 | 12:30 WIB
Pemain Timnas Malaysia, Dominic Tan. (Instagram/@dominictjj)

Pemain Timnas Malaysia, Dominic Tan. (Instagram/@dominictjj)

Bolatimes.com - Jelang pertemuan Timnas Indonesia dan Malaysia di laga terakhir grup B Piala AFF 2020, Psywar diberikan oleh kedua kubu. Salah satunya adalah Psywar dari bek Harimau Malaya, Dominic Tan.

Indonesia dan Malaysia akan menjalani laga hidup mati untuk memperebutkan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Perebutan satu tiket ini berdasarkan fakta bahwa di laga lainnya, Vietnam diyakini akan mendapat satu tiket saat bersua Kamboja yang telah dipastikan tak lolos.

Baca Juga: Tan Cheng Hoe Klaim Duel Timnas Indonesia vs Malaysia Laga Hidup atau Mati

Dengan fakta ini, Indonesia dan Malaysia mau tak mau harus saling tikam. Beruntung bagi skuat Garuda, hasil seri atas Harimau Malaya sudah cukup untuk membawa kaki anak asuh Shin Tae-yong ke semifinal.

Sedangkan bagi Malaysia, kemenangan menjadi harga mati jika tak ingin mimpinya lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020 terkubur begitu saja.

Jelang duel klasik ini, penggawa Malaysia, Dominic Tan, sesumbar timnya bisa mengalahkan Indonesia dan merebut tiket ke semifinal.

Baca Juga: Chelsea Diimbangi Everton, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris 2021/2022

Ia mengaku ingin membayar kesalahannya di laga melawan Vietnam saat bersua Indonesia, yakni dengan meraih kemenangan atas skuat Garuda.

Dominic Tan juga yakin nantinya ia bisa memberikan permainan yang terbaik melawan Indonesia dan membawa tiga poin agar Malaysia  lolos ke babak semifinal.

Lantas, siapakah sosok Dominic Tan itu? Berikut  profilnya.

Baca Juga: 5 Rivalitas Timnas Indonesia vs Malaysia, Sempat Diterpa Isu Pelanggaran

Profil Dominic Tan

Dominic Tan merupakan bek muda kelahiran 12 Maret 1997. Ia lahir dan tumbuh di Singapura sebelum memutuskan pindah ke Johor, Malaysia.

Karier sepak bola pemain berusia 24 tahun ini telah dimulai di Singapura, di mana ia masuk ke National Football Academy (NFA) yang tak lain sebuah akademi pencetak pesepak bola andal di negeri Singa.

Baca Juga: Duel Lawan Vietnam Kuras Energi, Timnas Indonesia Fokus Hadapi Malaysia

Setelah memutuskan pindah ke Johor, Dominic Tan pun mulai mengawali sepak bolanya di Negeri Jiran dengan membela Harimau Muda C atau dulunya Timnas Malaysia U-19 yang bermain di FAM League.

Pasca membela Harimau Muda C, Dominic Tan dipinang oleh tim papan atas Malaysia, Johor Darul Ta’zim II yang berkutat di kasta kedua Liga Malaysia di mana ia bergabung pada 2016 hingga 2019.

Dalam periode tersebut, Dominic Tan berhasil menembus tim utama Johor Darul Ta'zim (JDT) yang bermain di kasta teratas Liga Malaysia.

Karier Dominic Tan pun tak hanya berkutat di Malaysia saja. Pada 2018 JDT pernah meminjamkannya ke klub Portugal, Vilaverdense selama 6 bulan.

Setelahnya, Dominic Tan dipulangkan dan dipinjamkan lagi ke klub Thailand, Police Tero FC, dan dipermanenkan klub tersebut pada akhir tahun 2019.

Bersama Police Tero FC, Dominic Tan tampil reguler sebanyak 21 kali di musim 2020-2021 dan 2021-2022 di kasta teratas Liga Thailand.

Pada akhir tahun 2021 ini, Police Tero FC melepasnya secara permanen dan Dominic Tan memutuskan pulang kampung ke Malaysia dengan membela Sabah FC.

Di level tim nasional, Dominic Tan sendiri telah tampil sebanyak 4 kali sejak 2019 di mana ia melakukan debutnya pada usia 22 tahun.

Ia diturunkan Tan Cheng Hoe selaku pelatih Malaysia di dua laga persahabatan yakni kala melawan Nepal dan Sri Lanka dan diturunkan sebanyak dua kali di Piala AFF kala melawan Laos dan Vietnam.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak