Boladunia

Profil Dominic Tan, Pemain Malaysia yang Sesumbar Kalahkan Indonesia

Dominic Tan sempat gabung ke klub Portugal.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Malaysia, Dominic Tan. (Instagram/@dominictjj)
Pemain Timnas Malaysia, Dominic Tan. (Instagram/@dominictjj)

Bolatimes.com - Jelang pertemuan Timnas Indonesia dan Malaysia di laga terakhir grup B Piala AFF 2020, Psywar diberikan oleh kedua kubu. Salah satunya adalah Psywar dari bek Harimau Malaya, Dominic Tan.

Indonesia dan Malaysia akan menjalani laga hidup mati untuk memperebutkan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Perebutan satu tiket ini berdasarkan fakta bahwa di laga lainnya, Vietnam diyakini akan mendapat satu tiket saat bersua Kamboja yang telah dipastikan tak lolos.

Dengan fakta ini, Indonesia dan Malaysia mau tak mau harus saling tikam. Beruntung bagi skuat Garuda, hasil seri atas Harimau Malaya sudah cukup untuk membawa kaki anak asuh Shin Tae-yong ke semifinal.

Sedangkan bagi Malaysia, kemenangan menjadi harga mati jika tak ingin mimpinya lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020 terkubur begitu saja.

Jelang duel klasik ini, penggawa Malaysia, Dominic Tan, sesumbar timnya bisa mengalahkan Indonesia dan merebut tiket ke semifinal.

Ia mengaku ingin membayar kesalahannya di laga melawan Vietnam saat bersua Indonesia, yakni dengan meraih kemenangan atas skuat Garuda.

Dominic Tan juga yakin nantinya ia bisa memberikan permainan yang terbaik melawan Indonesia dan membawa tiga poin agar Malaysia  lolos ke babak semifinal.

Lantas, siapakah sosok Dominic Tan itu? Berikut  profilnya.

Profil Dominic Tan

Dominic Tan merupakan bek muda kelahiran 12 Maret 1997. Ia lahir dan tumbuh di Singapura sebelum memutuskan pindah ke Johor, Malaysia.

Karier sepak bola pemain berusia 24 tahun ini telah dimulai di Singapura, di mana ia masuk ke National Football Academy (NFA) yang tak lain sebuah akademi pencetak pesepak bola andal di negeri Singa.

Setelah memutuskan pindah ke Johor, Dominic Tan pun mulai mengawali sepak bolanya di Negeri Jiran dengan membela Harimau Muda C atau dulunya Timnas Malaysia U-19 yang bermain di FAM League.

Pasca membela Harimau Muda C, Dominic Tan dipinang oleh tim papan atas Malaysia, Johor Darul Ta’zim II yang berkutat di kasta kedua Liga Malaysia di mana ia bergabung pada 2016 hingga 2019.

Dalam periode tersebut, Dominic Tan berhasil menembus tim utama Johor Darul Ta'zim (JDT) yang bermain di kasta teratas Liga Malaysia.

Karier Dominic Tan pun tak hanya berkutat di Malaysia saja. Pada 2018 JDT pernah meminjamkannya ke klub Portugal, Vilaverdense selama 6 bulan.

Setelahnya, Dominic Tan dipulangkan dan dipinjamkan lagi ke klub Thailand, Police Tero FC, dan dipermanenkan klub tersebut pada akhir tahun 2019.

Bersama Police Tero FC, Dominic Tan tampil reguler sebanyak 21 kali di musim 2020-2021 dan 2021-2022 di kasta teratas Liga Thailand.

Pada akhir tahun 2021 ini, Police Tero FC melepasnya secara permanen dan Dominic Tan memutuskan pulang kampung ke Malaysia dengan membela Sabah FC.

Di level tim nasional, Dominic Tan sendiri telah tampil sebanyak 4 kali sejak 2019 di mana ia melakukan debutnya pada usia 22 tahun.

Ia diturunkan Tan Cheng Hoe selaku pelatih Malaysia di dua laga persahabatan yakni kala melawan Nepal dan Sri Lanka dan diturunkan sebanyak dua kali di Piala AFF kala melawan Laos dan Vietnam.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini