Boladunia

3 Fakta Nguyen Cong Phuong, Salah Satunya Pernah Main di Liga Belgia

Nguyen Cong Phuong salah satu pemain andalan Vietnam di Piala AFF 2020.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com).
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com).

Bolatimes.com - Penyerang timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong, menjadi salah satu pemain yang paling bersinar di ajang Piala AFF 2020.

Sebab, sejauh ini Nguyen Cong Phuong telah menjaringkan dua gol untuk timnas Vietnam di Grup B Piala AFF 2020. Masing-masing gol itu tercipta ketika timnya berjumpa Laos dan Kamboja.

Hal itu menjadi bukti betapa impresifnya pemain berusia 26 tahun itu di sektor lini serang tim asuhan Park Hang-seo.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga fakta menarik mengenai Nguyen Cong Phuong, striker andalan Vietnam di Piala AFF 2020.

1. Pernah Bermain di Liga Belgia

Nguyen Cong Phuong pernah tercatat bermain di Liga Belgia bersama Sint-Truidense VV. Saat itu, dia direkrut pada 30 Juni 2013.

Cong Phuong mencatatkan debutnya saat timnya menjalani pertandingan uji coba terakhir menjelang bergulirnya musim 2019/2020 saat berjumpa Lommel SK pada 17 Juli 2019. Sayangnya, Sint Truidense VV harus kalah dengan skor 1-2.

Sementara itu, debutnya di kompetisi resmi tercipta saat berjumpa Club Brugge KV pada 2 Agustus 2019. Sayangnya, saat itu mereka dihajar enam gol tanpa balas.

Setelah pertandingan ini, Cong Phuong gagal mendapatkan tempat di skuad utama. Dia lebih banyak bermain di tim junior.

Selama satu musim, dia hanya mampu memainkan lima pertandingan dan satu gol bersama Sint-Truidense VV U-21. 

2.  Kiprah Terbaik di Musim 2018

Cong Phuong sudah menancapkan kiprahnya di kasta tertinggi, V.League 1, bersama Hoang Anh Gia Lai (HAGL) FC pada 2015. 

Namun, performa terbaiknya baru tercatat pada musim 2018. Saat itu, dia sukses mencetak 12 gol di kompetisi dan empat gol di turnamen domestik.

Meskipun timnya hanya mampu bertengger di urutan ke-11 klasemen akhir, Cong Phuong tetap terpilih sebagai sebelas pemain terbaik di V.League 1 musim tersebut.

3. Pernah Merumput di 2 Liga Elite Asia

Nguyen Cong Phuong menjadi salah satu pemain Vietnam yang pernah menjajal ketatnya kompetisi elite di Asia saat berkarier di Jepang dan Korea Selatan.

Awalnya, dia direkrut oleh klub kasta kedua Liga Jepang, Mito HollyHock pada tahun 2015. Pada Mei 2016, dia mencatatkan debutnya bersama Mito HollyHock saat bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke;87.

Sayangnya, tak banyak kisah menarik dari perjalanannya selama satu musim berkompetisi di J.League 2 tersebut.

Tiga tahun berselang, Cong Phuong mendapatkan kesempatan untuk berkarier di kasta tertinggi Liga Korea Selatan, atau K League 1 bersama Incheon United.

Dia direkrut dengan status pinjaman selama satu musim. Debutnya tercipta ketika Incheon United menang 2-1 atas Gyeongnam.

Sayangnya, saat kontraknya baru bejalan setahun, Cong Phuong dilepas Incheon United karena keinginanya sendiri.

Selama bermain di K.League 1, dia mencatatkan 401 menit permainan dari delapan pertandongan. Tak ada satu pun gol yang tercipta.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini