Boladunia

Leeds Dihajar 7 Gol, Marcelo Bielsa Alami Kekalahan Terbesar

Leeds United dikalahkan Manchester City 0-7.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa. (PAUL ELLIS / AFP)
Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Marcelo Bielsa akhirnya mengalami kekalahan terbesar sepanjang kariernya sebagai pelatih. Adalah Pep Guardiola yang membuat pelatih asal Argentina itu kalah telak.

Pep Guardiola dan Marcelo Bielsa kembali bertemu saat Manchester City menjamu Leeds United dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris, Rabu (15/12/2021) dini hari WIB.

Manchester City sungguh perkasa dalam laga ini di mana pasukan Marcelo Bielsa dihancurkan tujuh gol tanpa balas.

Kevin De Bruyne menyumbangkan dua dari tujuh gol kemenangan City di laga kali ini, sementara Phil Foden, Jack Grealish, Riyad Mahrez, John Stones dan Nathan Ake masing-masing mencetak satu gol.

Menyadur dari data Opta, ini merupakan kekalahan terbesar yang pernah diderita Marcelo Bielsa dalam 568 laga sebagai pelatih.

Sementara bagi Leeds United, ini merupakan kekalahan terbesar ketiga yang pernah di derita mereka sepanjang mengikuti Liga Inggris.

Sebelum hancur lebur di Etihad, Leeds pernah kalah 1-8 dari Stoke City pada Agustus 1934, dan kandas 0-7 dari West Ham United pada November 1966.

Pep Guardiola sangat senang dengan performa City saat mengalahkan Leeds United. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan dinilainya tampil sangat baik.

“Kami kehilangan lima poin melawan Leeds musim lalu dengan pemain yang sama dengan yang kami miliki hari ini kecuali Jack (Grealish)," tutur Guardiola dikutip dari laman resmi Man City.

“Kami memulai dengan ritme yang baik dan bek tengah kami melakukan build-up yang bagus. Kami sabar dengan bola dan kualitas pemain melakukan sisanya."

Di sisi lain, Marcelo Bielsa tak bisa menyembunyikan kekecewaan. Dia menekankan bahwa kekalahan besar ini merupakan salah dirinya dan tim, alih-alih performa fenomenal Man City.

“Bukan karena City bermain sangat baik, itu lebih terlihat betapa buruknya kami bermain,” kata Bielsa dikutip dari BBC.

"City bermain seperti ini sepanjang waktu, atau serupa dengan itu."

Kemenangan ini memantapkan posisi City di puncak klasemen, di mana sang juara bertahan mengoleksi 41 poin menciptakan jarak empat poin atas Liverpool yang baru main dua hari berselang.

Sedangkan Leeds United, yang menelan dua kekalahan beruntun dalam rentetan tiga laga tanpa menang, melorot ke urutan ke-16 dengan 16 poin.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini