Boladunia

Sudah Cetak Dua gol, Striker Timnas Vietnam Jadi Sorotan Liga Jepang

Penampia Nguyen Cong Phuong mencuri perhatian

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com).
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com).

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 tak hanya menyita perhatian warga Asia Tenggara saja. Bahkan kompetisi sekelas Liga Jepang, juga menyoroti ajang ini terkait sosok penyerang Vietnam, Nguyen Cong Phuong.

Nguyen Cong Phuong menjadi salah satu pemain yang menonjol di Piala AFF 2020 ini. Dalam dua laga yang telah dilewati Vietnam, penyerang berusia 26 tahun ini telah mencetak dua gol.

Dua gol itu dicetaknya kala Vietnam berhadapan dengan Laos dan Malaysia. Catatan ini pun lantas membuat Cong Phuong menarik atensi Liga Jepang atau J-League.

Dalam unggahan di media sosial FaceBook, akun Liga Jepang atau J-League nampak memberikan selamat atas catatan Cong Phuong di Piala AFF 2020.

Ucapan selamat ini diberikan karena rekam jejak penyerang Vietnam itu sendiri. Diketahui, Con Phuong pernah berkarier di Jepang.

Cong Phuong tercatat pernah membela J-League 2 atau kasta kedua sepak bola Jepang bersama tim Mito Hollyhock Club pada 2016 silam.

“Mantan pemain Mito Hollyhock Club Nguyen Cong Phuong mencetak gol dalam dua pertandingan berturut-turut untuk membantu Vietnam untuk mendapat kemenangan penting di Piala AFF 2020,” tulis akun J-League tersebut.

Selain pernah membela tim Jepang, Cong Phuong juga pernah membela tim Korea Selatan, Incheon United dan tim Belgia, Sint-Truiden.

Setelahnya, Cong Phuong kembali ke Vietnam di akhir tahun 2019 dan membela tim lokal yakni H.A Gia Lai FC dan HCM City.

Sinyal Bahaya untuk Indonesia

Ketajaman Nguyen Cong Phuong di dua laga awal Piala AFF 2020 menjadi sinyal bahaya bagi barisan pertahanan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sendiri akan bertemu Vietnam dalam laga ketiga grup B, Rabu (15/12/21). Laga ini seakan menjadi laga hidup mati bagi kedua tim.

Pasalnya, siapapun yang berhasil meraih kemenangan di laga ini, dipastikan akan lolos ke semifinal. Dengan kata lain, kedua tim akan menurunkan skuat terbaiknya.

Sayangnya, rekor pertemuan dalam lima laga terakhir melawan Vietnam tak sepenuhnya berpihak kepada Timnas Indonesia.

Diketahui, dalam lima pertemuan terakhir di berbagai ajang sejak 2016 Vietnam menang sebanyak tiga kali atas Timnas Indonesia dan hanya sekali takluk serta sekali meraih hasil imbang.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini