Deretan Pesepak Bola Top Indonesia yang Terpelajar, Ada Sarjana Pendidikan

Pesepak bola di bawah ini membuktikan bahwa prestasi sepak bola dan pendidikan bisa berjalan seiringan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 14 Desember 2021 | 18:56 WIB
Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)

Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola di Indonesia ternyata tak hanya piawai mengolah kulit bundar di atas lapangan saja. Sebab, mereka juga ada yang memperhatikan pendidikannya.

Beberapa pemain-pemain ini tetap melanjutkan pendidikannya hingga jenjang universitas meskipun hari-harinya sibuk berlatih dan bertanding.

Tentu, hal semacam ini membutuhkan kemampuan tersendiri. Sebab, mereka dituntut untuk mampu membagi waktunya agar bisa menjalankan keduanya secara bersamaan.

Baca Juga: Romain Molina Bongkar Dugaan Pengaturan Skor Timnas Laos di Piala AFF

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan nama pesepak bola di Indonesia yang berstatus sebagai pemain terpelajar.

1. Yanto Basna

Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)
Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)

Selain dikenal sebagai salah satu bek tangguh di Indonesia, Yanto Basna ternyata juga menjadi salah satu pesepak bola yang terpelajar.

Baca Juga: Nasib Malang Nicolas Otamendi, Eks Man City Babak Belur Dihajar Perampok

Sebab, pemain asal Sorong, Papua, itu telah mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) setelah menamatkan studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Saat menimba ilmu di sana, Yanto menghabiskan waktu nyaris enam tahun sebelum akhirnya melewati ujian skripsi secara daring.

Pemain berusia 26 tahun ini memang membutuhkan waktu lama untuk merampungkan studinya. Sebab, pada saat yang bersamaan, dia harus meniti kariernya di dunia sepak bola.

Baca Juga: Empat Bulan Bergabung, Brian Ferreira Hengkang dari PSIS Semarang

2. Muhammad Ridho

Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho dan Awan Setho usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018 (AFF)
Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho dan Awan Setho usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018 (AFF)

Pandemi Covid-19 yang sempat menghantam dunia sepak bola Indonesia ternyata direspons positif oleh kiper Madura United, Muhammad RIdho Djazulie.

Sebab, meski usianya telah menginjak 30 tahun pada tahun 2020 silam, Ridho tetap teguh untuk menempuh pendidikan.

Baca Juga: 3 Skenario Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Saat itu, Ridho diterima sebagai mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) pada tahun ajaran 2020/2021.

Bagi Ridho, tak ada kata terlambat untuk belajar. Sebab, ia bisa mengambil banyak manfaat dari studinya di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan (PKJR).

3. Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain PSS Sleman Kim Jeffrey Kurniawan (HO/Pssleman.id)
Pemain PSS Sleman Kim Jeffrey Kurniawan (HO/Pssleman.id)

Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, ternyata pernah menimba ilmu saat dirinya masih tinggal di Jerman.

Ketika itu, Kim mengakui bahwa dia mengambil jurusan Bisnis dan Ekonomi. Meskipun tak sampai selesai, tetapi ilmu tersebut tetap bermanfaat.

Sebab, setelah tinggal dan menetap di Indonesia, Kim sempat membuka sejumlah usaha di bidang barbershop, clothing, dan kuliner.

Kim mengatakan, studinya di Jerman itu hanya berlangsung selama lima semester alias dua setengah tahun. Sebab, dia harus meninggalkan Jerman untuk pindah ke Indonesia.

Bisa jadi, bisnis ini bisa menopang kehidupan pemain keturunan Indonesia-Jerman tersebut ketika memutuskan gantung sepatu suatu saat nanti.

4. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Dari sekian banyak nama pesepak bola berbakat di Indonesia, tampaknya Bambang Pamungkas menjadi salah satu nama pemain yang paling mencolok.

Sebab, lelaki yang dibesarkan di Salatiga, Jawa Tengah, itu juga dianggap memiliki intelektualitas yang lumayan.

Selain menghabiskan waktunya untuk berlatih dan bertanding, ternyata legenda Persija Jakarta ini juga pernah melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi.

Saat itu, Bepe sempat terdaftar di Sekolah Tinggi Indonesia Rawamangun. Namun, di sana ia hanya bertahan selama dua semester.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak