Boladunia

Panas! Federasi Malaysia Tuduh Vietnam Lakukan Propaganda lewat Media

"Ini adalah taktik propaganda Vietnam," kata petinggi FAM.

Husna Rahmayunita

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Lewat Sekretraris Jenderal Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Mohd Saifuddin Abu Bakar membantah isu Timnas Malaysia bakal mundur dari gelaran Piala AFF 2020.

Sebelum terbantai Vietnam, Timnas Malaysia dikabarkan mengancam mundur dari gelaran Piala AFF 2020 setelah sejumlah pemain terinfeksi Covid-19.

Banyak media yang ramai-ramai mengabarkan rumor tersebut, termasuk salah satunya dari Vietnam yang gencar membagikan artikel terkait ancaman Malaysia.

Tak ingin berlarut-larut termakan berita iut, Mohd Saifuddin Abu Bakar selaku Sekretaris Jenderal FAM membantah tegas propaganda media Vietnam.

Saifuddin mengaku masalah pemain Malaysia terinfeksi Covid-19 bukan alasan yang bakal dijadikan Harimau Malaya mundur dari gelaran turnamen.

Disadur dari Sinar Harian, ia secara tegas mengatakab berita tersebut muncul pertama kali dari laporan-laporan media Vietnam dan disebutnya sebagai propaganda.

"Ini adalah taktik propaganda Vietnam. Saya membaca tentang berita itu dan saya mengerti berita itu berasal dari media Vietnam," kata Saifuddin.

"Jelas apa yang diberitakan Vietnam itu salah dan saya kira mereka hanya menggunakan berita itu sebagai alat propaganda sebelum melawan Malaysia," imbuhnya.

Sementara itu, terkait penambahan pemain menurut Saiffudin sudah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pihak penyelenggara Piala AFF 2020.

Di mana pemain yang akan masuk dalam skuat sebelumnya sudah termasuk dalam daftar tunggu pemain lain di skuat utama mengalami masalah hingga tak bisa bermain.

Pemain yang dimaksud adalah Samuel Somerville, pemain yang disiapkan sebagai pengganti Khairullazhan Khalid yang tak bisa dimainkan untuk laga selanjutnya.

"Permohonan untuk mendatangkan kiper lain telah disahkan dan ada kemungkinan Sam Somerville akan dipanggil untuk memperkuat timnas Malaysia," ujar Saifuddin.

"Namun, kami harus menunggu keputusan dari pelatih Tan Cheng Hoe dan pelatih kiper Malaysia Azmin untuk melakukan analisis terhadap pemain tersebut," imbuhnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini