Boladunia

Cetak 17 Gol, Teerasil Dangda Jadi Top Skor Sepanjang Masa di Piala AFF

Dangda kini samai rekor legenda Singapura, Noh Alam Shah.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten pelangi saat melawan Timor Leste. (Instagram/affsuzukicup)
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mengenakan ban kapten pelangi saat melawan Timor Leste. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Penyerang kawakan Timnas Thailand, Teerasil Dangda, mencatatkan sejarah di perhelatan Piala AFF 2020.

Dangda resmi menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF dengan torehan 17 gol. Rekor ini ditorehkan pemain 33 tahun itu saat mencetak 2 gol ke gawang Myanmar.

Thailand menghadapi Myanmar pada lanjutan laga Grup A Piala AFF 2020 pada Sabtu (11/12/2021) malam WIB.

Thailand menang dengan skor meyakinkan 4-0. Selain Teerasil Dangda yang mencetak 2 gol, dua gol Thailand lainnya disumbangkan oleh Worachit  Kanitsribampen dan Supachok Sarachat.

Dengan tambahan dua gol, Teerasil Dangda kini sudah mengoleksi 17 gol di Piala AFF sekaligus menyamai rekor Noh Alam Shah sebagai top skor sepanjang masa Piala AFF dengan 17 gol.

Teerasil Dangda jelas punya peluang besar untuk melewati perolehan gol Noh Alam Shah karena Thailand masih memiliki 2 laga sisa di Grup A Piala AFF 2020.

Thailand bakal menghadapi Filipina pada Selasa (14/12) pukul 16:30 WiB dan melawan tuan rumah Singapura, Sabtu (18/12) pukul 19:30 WIB.

Selain keberhasilan mencatatkan rekor di Piala AFF 2020, ada hal menarik lain dari Teerasil Dangda dan Timnas Thailand.

Mereka menjadi salah satu negara yang mengenakan ban kapten dengan corak pelangi sebagai dukungan terhadap kaum LGBT.

Selain Teerasil Dangda dari Thailand yang mengenakan ban kapten seperti itu, ada juga negara-negara lain seperti Myanmar dan Kamboja juga melakukan hal yang sama.

Sementara mayoritas negara lain seperti Indonesia memutuskan untuk tak mengenakan ban kapten dengan warna pelangi di Piala AFF 2020.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini