Boladunia

Profil Keisuke Honda, Manajer Timnas Kamboja yang Sempat Diincar Persija

Keisuke Honda bakal mengasuh Timnas Kamboja di Piala AFF 2020.

Husna Rahmayunita

Manajer Timnas Kamboja, Keisuke Honda. (AFP/Tang Chhin Shothy)
Manajer Timnas Kamboja, Keisuke Honda. (AFP/Tang Chhin Shothy)

Bolatimes.com - Keisuke Honda, manajer yang akan menangani Timnas Kamboja pada Piala AFF 2020 ternyata pernah dikaitkan dengan Persija Jakarta.

Pada awal tahun 2020, Persija Jakarta memang dikabarkan sempat membidik sejumlah nama pemain besar jebolan Eropa, salah satunya Keisuke Honda.

Selain Keisuke Honda, pemain top asal Benua Biru lainnya yang juga menjadi target Persija ialah Marco Motta. Nama pemain yang disebut terakhir ini akhirnya sukses digaet Macan Kemayoran.

Kini, lelaki asal Jepang itu bakal mengasuh skuad Angkor Warriors, julukan timnas Kamboja, saat mengarungi kejuaraan Piala AFF 2020. 

Selain Keisuke Honda, ada nama Ryu Hirose yang juga berstatus sebagai pelatih timnas Kamboja pada kejuaraan antarnegara Asia Tenggara ini.

Profil Keisuke Honda

Keisuke Honda berjabat tangan dengan Sao Sokha, Presiden Federasi Sepakbola Kamboja. (Dok. khmertime).
Keisuke Honda berjabat tangan dengan Sao Sokha, Presiden Federasi Sepakbola Kamboja. (Dok. khmertime).

Keisuke Honda merupakan salah satu pesepak bola asal Jepang yang sukses mencatat kariernya di kompetisi Eropa.

Pemain yang lahir di Osaka, Jepang, pada 13 Juni 1986, itu sempat menimba ilmu bersama Settsu FC, Gamba Osaka, hingga Seiryo High School.

Bersama sekolah menengah atas yang disebut terakhir itu, Honda langsung mendapat tempat di klub kasta tertinggi Liga Jepang, atau J1 League, bersama Nagoya Grampus Eight pada 2005.

Setelah tiga musim, Honda mendapat peluang untuk meniti kariernya di Eropa. Klub Benua Biru pertama yang menjadi pelabuhannya yakni VVV-Venlo yang berkompetisi di Eredivisie.

Setelah itu, dia menuju Rusia untuk memperkuat CSKA Moscow pada Desember 2009. Di sana, Honda mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun.

Keisuke Honda berhasil menyamakan kedudukan lewat golnya ke gawang Senegal. Skor berakhir imbang 2-2.
Keisuke Honda berhasil menyamakan kedudukan lewat golnya ke gawang Senegal. Skor berakhir imbang 2-2.

Bersama CSKA Moscow, Honda mencatatkan debutnya di ajang UEFA Champions League saat timnya berjumpa wakil asal Spanyol, Sevilla.

Selama berada di Rusia, Honda sukses meraih gelar Liga Primer Rusia 2012/2013, Piala Rusia 2010/2011 dan 2012/2013, serta Piala Super Rusia pada 2013.

Pada 27 Oktober 2013, manajer AC Milan, Massimiliano Allegri, mengumumkan perekrutan Honda dengan status bebas transfer.

Honda yang mendapatkan kontrak hingga 2017 mencatatkan debutnya saat menggantikan Robinho pada laga Serie A melawan Sassuolo, 12 Januari 2014.

Satu-satunya gelar yang berhasil diraih Honda ketika memperkuat I Rossoneri ialah Supercoppa Italiana 2016.

Semenjak saat itu, Honda sempat berganti-ganti klub. Dia pernah singgah di Pachuca, Melbourne Victory, Vitesse, Botafogo, Portimonense, Neftci Baku, hingga sampai saat ini memperkuat klub asal Lithuania, FK Suduva.

Selain kiprahnya mentereng di level klub, Honda juga menjadi salah satu pemain andalan timnas Jepang sejak di kelompok usia U-20, U-23, hingga senior.

Sejak mencatatkan debut bersama timnas Jepang pada 2008, Honda telah mencetak 37 gol dari 98 pertandingan.

Salah satu gelar istimewa yang pernah dipersembahkan lelaki berusia 35 tahun ini untuk timnas Jepang ialah merengkuh juara Piala Asia 2011.

Bersama timnas Jepang, Honda juga telah tampil pada tiga edisi Piala Dunia yang berbeda, yakni pada 2010, 2014, dan 2018.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini