Boladunia

Profil Madam Pang, Manajer Cantik Timnas Thailand di Piala AFF 2020

Madang Pang didapuk sebagai manajer Timnas Thailand di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Manajer Timnas Thailand, Madam Pang. (Instagram/@panglamsam)
Manajer Timnas Thailand, Madam Pang. (Instagram/@panglamsam)

Bolatimes.com - Bukan cuma susunan pemain Timnas Thailand yang jadi pusat perhatian di Piala AFF 2020 mendatang, tetapi juga kehadiran Madam Pang di jajaran ofisial tim 'Gajah Putih'.

Wanita dengan nama lengkap Nualphan Lamsam tersebut baru saja ditunjuk menjadi manajer tim nasional U-23 dan senior Thailand oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) pada Agustus 2021.

Bukan tanpa sebab nama Madam Pang yang ditunjuk FAT, dia dikenal sebagai sosok yang berpengalaman di dunia sepak bola khususnya dalam mengelola sebuah tim.

Bukan tidak mungkin kehadiran Madam Pang bisa menjadi faktor x bagi Thailand untuk bisa meraih prestasi maksimal di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Profil Madam Pang

Nualphan Lamsam atau akrab disapa Madam Pang ini ibarat Rosella Sensi dan Barbara Berlusconi versi Asia Tenggara. Jika Rosella dan Barbara adalah anak orang kaya yang mengelola tim sepak bola di Eropa, maka Madam Pang adalah contoh nyata sosok macam itu di Asia Tenggara.

Madam Pang lahir di Bangkok, Thailand, pada 21 Maret 1966. Dia adalah putri dari Photipong dan Yupa Lamsam, politisi Partai Demokrat sekaligus pemilik Muang Thai Life Assurance.

Madam Pang adalah generasi kelima dari keluarga Lamsam juga merupakan sepupu Banthoon Lamsam, CEO dan Ketua Kasikornbank.

Dengan latar belakang serba berkecukupan, Madam Pang bisa mengeyam pendidikan sangat tinggi. Dia lulusan  Patumwan Demonstration School, Srinakharinwirot University, Chulalongkorn University, dan bersekolah master di Boston University.

Selain mengelola bisnis, Madam Pang juga sempat terjun ke dunia politik dengan menjadi Sekjen Partai Demokrat Thailand dari 2006 hingga 2016.

Madam Pang yang memang menyukai sepak bola lantas menjadi presiden klub Thai League 1, Port FC. Pada 2015, dia mendapat izin dari Port Authority of Thailand (PAT) untuk mengelola klub tersebut.

Dengan pengelolaan dari Madam Pang, Port FC menjelma sebagai klub sukses dari segi finansial, manajemen, organisasi, dan prestasi.

Selain di level klub, Madam Pang juga sangat memerhatikan sepak bola putri Thailand. Dia sempat menjadi manajer timnas wanita Thailand yang mentas di Piala Dunia Wanita 2015 dan 2019.

Pada Piala Dunia Wanita 2019 lalu, potret Madam Pang sempat viral karena menangis usai Thailand mampu mencetak gol pertamanya di ajang tersebut.

Keberhasilan Madam Pang membawa Thailand bisa mentas di Piala Dunia Wanita dan mereformasi Port FC patut diapresiasi. Perjuangannya untuk memberi dukungan buat sepak bola Thailand bakal berlanjut sebagai manajer timnas U-23 dan senior Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini