Boladunia

8 Negara yang Pemainnya Paling Banyak Meraih Ballon d'Or, Argentina Teratas

Argentina sudah mengantongi 10 trofi Ballon d'Or dari pemainnya

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Ballon d’Or merupakan penghargaan prestisius bagi individu di kancah sepak bola. Keberhasilan meraih gelar ini tak hanya mengangkat nama pemain ataupun klub yang ia bela, melainkan juga negara asal pemain tersebut.

Sejak digelar pada tahun 1956, Ballon d’Or setiap tahunnya diberikan kepada pemain yang tampil apik dalam satu tahun terakhir.

Dahulu, Ballon d’Or biasanya diberikan hanya kepada pemain Eropa. Namun pada 1995, gelar ini pun mendunia dan juga diberikan kepada para pemain non Eropa yang bermain di benua biru.

Sejak saat itu, para pemain dari belahan dunia manapun mampu meraihnya. Saat ini, tercatat pemain yang berasal dari luar Eropa justru mengungguli para pemain dari benua biru terkait peraih gelar ini.

Hal ini diketahui dari infografis negara-negara yang paling banyak mengirimkan pemainnya menjadi peraih penghargaan Ballon d’Or.

Kira-kira, negara mana saja pemainnya paling banyak meraih penghargaan Ballon d’Or?

1. Argentina

Argentina menjadi salah satu negara gudang lahirnya pesepak bola berbakat. Hal ini dibuktikan dari banyaknya gelar Ballon d’Or yang diterima negeri tango itu.

Total ada 10 gelar Ballon d'or yang didapat Argentina, di mana Lionel Messi menyumbang gelar terbanyak yakni 7 gelar yang diikuti Alfredo Di Stefano dengan 2 gelar dan Omar Sivori dengan 1 gelar.

2. Jerman

Dari Eropa, ada Jerman yang menjadi negara paling banyak menyumbang pemain dengan raihan Ballon d’Or terbanyak. Total ada 7 gelar Ballon d’Or yang diraih negeri industri tersebut.

Setidaknya ada 5 pemain Jerman yang mampu meraih 7 Ballon d’Or, antara lain Franz Beckenbauer dan Karl-Heinz Rummenigge dengan 2 gelar yang diikuti Gerd Muller, Lothar Matthaus dan Matthias Sammer dengan 1 gelar.

3. Portugal

Sama seperti Jerman, Portugal juga menjadi negara yang paling banyak meraih Ballon d’Or. Total ada 7 gelar yang mampu diraihnya.

7 gelar itu disumbangkan 3 pemain saja, di mana Cristiano Ronaldo menjadi penyumbang terbanyak dengan 5 gelar dan diikuti oleh Luis Figo serta Eusebio dengan 1 gelar.

4. Belanda

Belanda pun tak mau kalah dalam mengirimkan pemainnya sebagai peraih Ballon d’Or. Total 7 gelar mampu diraih negeri kincir angin.

7 gelar itu diberikan oleh 3 pemain saja di mana dua pemainnya yakni Johan Cruyff dan Marco van Basten mampu meraihnya sebanyak 3 kali yang disusul oleh Ruud Gullit dengan 1 gelar.

5. Prancis

Sebagai tuan rumah penggagas Ballon d’Or, Prancis pun juga tak absen dalam mengirimkan pemainnya sebagai peraih penghargaan tersebut.

Total 6 gelar didapat oleh Prancis yang berasal dari 3 pemainnya, yakni Michel Platini dengan 4 gelar dan diikuti oleh Jean-Pierre Papin dan Zinedine Zidane dengan 1 gelar.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini