8 Pemain yang Raih Gelar Liga Champions, Piala Dunia, dan Ballon d'Or

Pesepak bola yang pernah raih ketiga gelar tersebut disebut Holy Trinity.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 01 Desember 2021 | 15:00 WIB
Ricardo Kaka bersama sahabatanya, Ronaldinho. (DAMIEN MEYER / AFP)

Ricardo Kaka bersama sahabatanya, Ronaldinho. (DAMIEN MEYER / AFP)

Bolatimes.com - Meraih gelar Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d’Or bukanlah perkara mudah bagi seorang pemain. Karenanya, hanya beberapa pemain saja yang bisa meraih ketiga gelar yang biasa dijuluki ’Holy Trinity’ tersebut.

Gelar atau trofi menjadi  pencapaian tertinggi sebuah tim dan individu dalam sepak bola. Hal ini lantaran tak mudah untuk meraih sebuah prestasi karena banyaknya jalan yang harus dilewati.

Ketiga gelar ini membutuhkan performa yang ekstra dari setiap pemainnya. Tak jarang, seorang pemain atau tim, rela melakukan apapun demi meraih salah satu trofi tersebut.

Baca Juga: Istri Pamer Dress, Ekspresi Lionel Messi dan Tiga Anaknya Curi Atensi

Bahkan beberapa pemain rela menukar piala domestiknya hanya untuk mendapatkan salah satu trofi tersebut, mengingat betapa prestisiusnya ketiga gelar itu.

Namun, beberapa pemain di dunia sepak bola pernah merasakan ‘Holy Trinity. Hanya ada 8 pemain saja yang beruntung bisa menggondol ketiga gelar itu dalam kariernya.

Lantas, siapa saja pemain tersebut? Beriku ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Polisi Beberkan Kronologi Pembakaran Omah PSS, Pelaku Beli Bensin Eceran

1. Zinedine Zidane

Pemain legenda Real Madrid, Zinedine Zidane saat bertanding (instagram/zinedinezidane10)
Pemain legenda Real Madrid, Zinedine Zidane saat bertanding (instagram/zinedinezidane10)

Zinedine Zidane adalah seorang maestro lapangan tengah semasa kariernya. Beragam gelar pernah ia capai baik di level klub, tim nasional, maupun secara individu.

Keberhasilannya meraih ‘Holy Trinity’ dimulai dari saat ia menjuarai Piala Dunia 1998 bersama Prancis yang membuatnya berhasil meraih Ballon d’Or 1998. Dua keberhasilan itu membuatnya dipinang Real Madrid sehingga mampu meraih titel Liga Champions.

Baca Juga: Respons Berkelas Messi saat Istrinya 'Diusir' di Sesi Foto Ballon d'Or 2021

2. Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer menerima trofi Piala Dunia 1974 di Munich, Jerman Barat (STF/AFP)
Franz Beckenbauer menerima trofi Piala Dunia 1974 di Munich, Jerman Barat (STF/AFP)

Franz Beckenbauer menikmati kesuksesan saat ia meraih titel Ballon d’Or pada 1972 setelah membawa Jerman Barat menjuarai Euro di tahun yang sama.

Dua tahun berselang, ia mampu membawa Jerman Barat menjuarai Piala Dunia dan membawa Bayern Munich meraih titel Liga Champions yakni 1974. Bahkan Si Kuping Besar terus ia raih di tahun selanjutnya yakni 1975 dan 1976.

Baca Juga: Profil Samuel Petras, Kiper MSK Zilina yang Gawangnya Dijebol Egy Maulana

3. Sir Bobby Charlton

Legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton. (PAUL ELLIS / AFP)
Legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton. (PAUL ELLIS / AFP)

Nama Sir Bobby Charlton melambung kala ia berhasil membawa tuan rumah Inggris menjuarai Piala Dunia 1966. Hal ini membuatnya meraih en Ball di tahun yang sama.

Setelahnya ia juga berhasil merengkuh gelar Liga Champions yang kala itu bernama Europeans Cup saat membela Manchester United pada 1968.

4. Gerd Muller

Legenda Timnas Jerman, Gerd Muller. (AFP)
Legenda Timnas Jerman, Gerd Muller. (AFP)

Tak hanya Franz Beckenbauer saja, pemain asal Jerman yang mampu meraih Holy Trinity. Ada nama Gerd Muller yang juga mampu meraihnya semasa bermain.

Gerd Muller mengawali raihan Holy Trinity dimulai saat ia meraih Ballon d’Or pada 1970. Setelahnya ia bersama Beckenbauer meraih dua gelar lanjutan yakni Piala Dunia dan Liga Champions di tahun 1974.

5. Paolo Rossi

Dari Italia, ada nama striker legendaris yakni Paolo Rossi yang pernah meraih Holy Trinity kurun waktu tiga tahun kariernya saja.

Paolo Rossi meraih titel Ballon d’Or pada 1982 usai membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 1982. Tiga tahun berselang, ia membawa Juventus meraih titel Liga Champions perdananya.

6. Rivaldo

Rivaldo/Instagram
Rivaldo/Instagram

Di sisa daftar ini adalah trio pemain Brasil yang dimulai dari Rivaldo. Eks pemain Barcelona ini mengawali pencapaian Holy Trinity saat meraih Ballon d’Or di tahun 1999.

Tiga tahun berselang, ia mampu meraih titel Piala Dunia bersama Brasil di Piala Dunia 2002 dan berhasil menggondol Liga Champions kala membela AC Milan pada 2003.

7. Ronaldinho

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Pemain Brasil kedua yang mampu meraih Holy Trinity adalah Ronaldinho. Ronaldinho mengawali Holy Trinity-nya kala menjuarai Piala Dunia 2002.

Setelahnya ia membawa pulang Ballon d’Or usai mengandaskan Frank Lampard dan Steven Gerrard dan berlanjut dengan keberhasilan meraih Liga Champions pada 2006.

8. Kaka

Ricardo Kaka mencium trofi Ballon d'Or
Ricardo Kaka mencium trofi Ballon d'Or

Pemain Brasil terakhir yang mampu meraih Holy Trinity adalah Kaka. Legenda AC Milan ini mengawali Holy Trinity-nya kala membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002.

Butuh hingga lima tahun bagi Kaka agar bisa menyempurnakan gelar itu dengan Liga Champions dan Ballon d’Or yang ia dapat pada 2007.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak