Boladunia

Profil Alexia Putellas, Wanita dari Keluarga Basket Peraih Ballon dOr 2021

Keluarga Alexia Putellas gemar olahraga basket. Namun, dia memilih jalan berbeda dan sangka sukses meraih Ballon d'Or

Irwan Febri Rialdi

Gelandang FC Barcelona Putri Alexia Putellas saat dianugerahi penghargaan Ballon d'Or Putri selama seremoni acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. FRANCK FIFE / AFP
Gelandang FC Barcelona Putri Alexia Putellas saat dianugerahi penghargaan Ballon d'Or Putri selama seremoni acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. FRANCK FIFE / AFP

Bolatimes.com - Pemain bintang Barcelona, Alexia Putellas, sukses menyabet penghargaan bergengsi Women’s Ballon d’Or 2021.

Alexia Putellas sukses menyingkirkan sejumlah pemain bintang dunia yang masuk dalam kandidat peraih Women’s Ballon d’Or 2021.

Penghargaan pesepak bola putri terbaik tahun 2021 ini diberikan kepada Alexia Putellas karena sejumlah prestasinya yang diraih bersama Barcelona sepanjang musim 2020/2022.

Sebelumnya, perempuan berusia 27 tahun ini sukses mengantarkan tim putri Blaugrana meraih sejumlah gelar juara seperti Liga Spanyol, Copa del la Reina, hingga Liga Champions.

Selain pencapaian yang bersifat kolektif, prestasi individu Putellas juga terbilang impresif. Sebab, dia sukses menjadi gelandang paling subur di Eropa dengan catatan 26 gol di seluruh ajang pada musim 2020/2021.

Profil Alexia Putellas

Alexia Putellas merupakan pesepak bola putri yang lahir di Mollet del Valles, Spanyol, pada 4 Februari 1994. Posisi bermainnya ialah sebagai gelandang serang.

Meskipun berasal dari keluarga yang gemar bermain bola basket, tetapi Putellas telah mulai bermain sepak bola pada tahun 2001 saat usianya baru menginjak enam tahun.

Saat masih berusia junior, dia tercatat pernah menimba ilmu bersama SE Sabadell, akademi Barcelona, dan RCD Espanyol. Bersama klub yang disebut terakhir, ia menghabiskan waktu selama empat tahun.

Debut seniornya bersama Espanyol tercatat ketika ia masih berusia 16 tahun. Ketika itu, ia tampil pada ajang Copa de la Reina saat Espanyol menang 3-1 atas Rayo Vallecano.

Setelah sempat bergabung bersama Levante selama satu musim dan mencatatkan 15 gol dalam 34 pertandingan, ia kemudian direkrut Barcelona pada musim panas 2012.

Sejak saat itu, kariernya bersama Barcelona Femina terus melesat hingga akhirnya mendapatkan kepercayaan sebagai kapten tim.

Sejauh ini, dia telah meraih lima gelar juara liga, enam gelar juara Copa de la Reina, dan satu gelar Liga Champions Wanita.

Yang terbaru, yakni pada musim 2020/2021,  Putellas adalah pemain yang berjasa besar mengantarkan Barcelona meraih treble winner pertama dalam sejarahnya.

Sampai saat ini, Putellas menduduki urutan keempat sebagai pemain yang paling banyak tampil bersama Barcelona. Bahkan, dia juga mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak kedua di belakang Jenifer Hermoso.

Kesuksesan Putellas tak hanya tercipta bersama Barcelona. Sebab, dia juga berhasil menorehkan prestasi bersama timnas putri Spanyol.

Pada tahun 2010 dan 2011, dia sukses meraih dua gelar juara Piala Eropa Putri U-17, sekaligus menduduki posisi runner-up pada Piala Eropa Putri U-19 2012.

Debutnya bersama timnas senior tercipta pada tahun 2012. Sejak saat itu, dia sukses menjadi sosok penting saat Spanyol tampil pada tiga kejuaraan besar.

Tiga ajang yang dimaksud yakni Piala Dunia Wanita 2015, Piala Eropa Putri 2017, dan Piala Dunia Wanita 2019.

Saat ini, pemain berusia 27 tahun itu memegang rekor pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak bersama Spanyol. Sejauh ini, catatannya yakni 92 laga, melewati rekor sebelumnya yang dipegang Marta Torrejon dengan 90 penampilan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini