Boladunia

Profil Ryu Hirose, Pelatih Timnas Kamboja Asal Jepang di Piala AFF 2020

Ryu Hirose belum lama ini sukses membawa Kamboja lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose. (Facebook.com/camfootball1933)
Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose. (Facebook.com/camfootball1933)

Bolatimes.com - Juru taktik asal Jepang, Ryu Hirose, bakal memiliki tugas berat saat mengasuh Timnas Kamboja pada ajang Piala AFF 2020.

Sebab, timnas Kamboja yang tergabung di Grup B Piala AFF 2020 bakal bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Laos.

Ryu Hirose tentu menyadari bahwa tiga tim yang disebut paling awal menjadi pesaing terberat timnas Kamboja pada Piala AFF 2020.

Pasalnya, ketiganya memang menjadi kekuatan utama di kawasan Asia Tenggara. Ini bakal menjadi tugas berat Ryu Hirose untuk membawa anak asuhnya bersaing dengan ketiganya.

Profil Ryu Hirose

Pelatih timnas Kamboja, Ryu Hirose, merupakan mantan pesepak bola asal Jepang kelahiran 19 April 1956. Saat ini, usianya telah menginjak 65 tahun.

Ryu Hirose merupakan mantan pesepak bola yang namanya besar bersama Teikyo High School-Chuo University. Saat ini, dia telah mengantongi lisensi kepelatihan S-Class dari Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Ryu Hirose pernah menjabat sebagai direktur Tokyo University, General Manager di Seoul Digital University, hingga pelatih Samut Prakan.

Klub yang disebut terakhir saat ini berada di kompetisi kasta tertinggi Liga Thailand. Selain itu, dia juga pernah bertugas menangani pelatih tim usia muda Guangzhou R&F.

Pada Maret 2021, Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) memperkenalkan Ryu Hirose sebagia pelatih baru timnas Kamboja.

Dia ditunjuk untuk menjadi pelatih timnas Kamboja setelah pelatih sebelumnya, Felix G Dalmas, mengakhiri masa kontraknya.

Saat pertama kali mendapatkan pekerjaannya, Ryu Hirose ditugasi FFC untuk mengasuh timnas Kamboja menghadapi sejumlah event penting.

Mulai dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF 2020, SEA Games 2021, hingga SEA Games edisi 2023.

Pada kejuaraan yang disebut terakhir, Kamboja memang memasang ambisi besar karena mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Saat ini, dia akan memimpin timnas Kamboja bersama Keisuke Honda yang menjabat sebagai General Manager.

Salah satu kiprah awal yang dicatatkan Ryu Hirose bersama timnas Kamboja ialah mengikuti ajang play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat menghadapi Guam pada dua leg, Kamboja sukses menyapu bersih seluruhnya dengan kemenangan, yakni dengan skor 2-1 pada leg pertama, dan 1-0 pada leg kedua.

Sementara pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Ryu Hirose gagal membawa Kamboja menjadi tim yang disegani.

Sebab, Kamboja di bawah asuhannya menelan tiga kekalahan beruntun dengan skor yang terhitung mencolok, yakni kalah 0-8 dari Bahrain, 1-4 dari Iraq, dan dihajar sepuluh gol tanpa balas oleh Iran.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini