Boladunia

Dipamerkan Messi hingga Brozovic, Siapa Pencetus Pagar Betis Tiduran?

Berikut fakta menarik soal pagar betis tiduran.

Husna Rahmayunita

Tendangan bebas Luis Suarez yang berhasil dihentikan oleh Marcelo Brozovic pada 24 Oktober 2018 (Josep Lago/AFP)
Tendangan bebas Luis Suarez yang berhasil dihentikan oleh Marcelo Brozovic pada 24 Oktober 2018 (Josep Lago/AFP)

Bolatimes.com - Belakangan eksekusi bola mati memantik perhatian, salah satunya pertahanan pagar betis yang ditambahkan pemain yang ikut rebahan. Lantas, siapa yang mengenalkan pagar betis tiduran?

Fenomena ini kali mencuat kembali usai laga Inter Milan vs Barcelona. Ketika itu, Luis Suarez yang masih membela Blaugrana mendapatkan kesempatan untuk mengeksekusi bola mati.

Oleh pemain Inter, membuat pagar hidup berjumlah enam pemain. Namun demikian, Marcelo Brozovic menjadi pemain ketujuh yang tiba-tiba menjatuhkan badan di belakang keenam rekan-rekannya.

Luis Suarez yang sudah mengeksekusi bola datar, dengan niat mengincar posisi bawah pagar hidup pemain Inter untuk mencetak gol, digagalkan oleh aksi Brozovic. Alhasil, situasi kemudian menjadi sepak pojok karena bola melambung di atas mistar.

Sebelum aksi Luiz Suarez dan Marcelo Brozovic mencuat, nyatanya taktik itu sudah pernah diperagakan oleh masing-masing dua pemain di Liga Brasil. Ketika itu kontestan Serie B Figueirense menjamu Palmeiras pada 2013.

Saat itu, eksekutor tendangan bebas Palmeiras, Jorge Valdivia, hendak melakukan aksi bola mati. Diketahui, Jorge Valdivia sering memanfaatkan cela di bawah pagar betis lawan.

Lionel Messi rebahan jadi pagar hidup di laga PSG vs Man City. (FRANCK FIFE / AFP)
Lionel Messi rebahan jadi pagar hidup di laga PSG vs Man City. (FRANCK FIFE / AFP)

Melihat kondisi itu, salah satu penggawa Figueirense, Ricardinho, berbaring di belakang pagar betis. Ia berinisiatif melakukan hal tersebut karena sudah mempelajari terlebih dahulu.

''Saya cenderung memperhatikan dan mempelajari teknik yang dibuat oleh lawan sebelum bertanding,'' kata dia dikutip dari ESPN.

''Saya memutuskan untuk diam selama pertandingan dan tidak memberitahu siapa pun.  Saya pernah lihat Valdivia melakukan eksekusi bola mati dengan sangat tinggi tapi pemain lawan berlutut mengantisipasinya.''

''Tapi, belum ada yang melakukan berbaring untuk menyetop aksinya. Akhirnya, saya memutuskan untuk melakukan aksi itu,'' dia menjelaskan.

Berkat aksi Ricardinho dan dilakukan pula oleh Brozovic, kini para pesepak bola di pelbagai liga di dunia sudah menerapkan aksi demikian.

Salah satunya Lionel Messi yang pernah melakukan aksi pagar betis reabahan saat laga Paris Saint-Germain vs Manchester City.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini