Boladunia

Mengenal Isles of Scilly, Liga Terkecil di Dunia yang Hanya Diikuti 2 Klub

Isles of Scilly Football League, liga terkecil di dunia.

Rauhanda Riyantama

Potret dua klub di Isles of Scilly Football League. (Instagram/_offside_football_)
Potret dua klub di Isles of Scilly Football League. (Instagram/_offside_football_)

Bolatimes.com - Lazimnya kompetisi sepak bola di berbagai belahan dunia, diikuti oleh banyak klub. Namun demikian, ternyata ada kompetisi sepak bola yang hanya diikuti oleh dua kesebelasan saja.

Kalau begitu, namanya latih tanding, dong? Tidak. Ini benar adanya dan ada di Kepulauan Scilly.

Kepulauan Scilly terletak sekitar 40 kilometer arah barat daya Inggris. Ada lima pulau berpenghuni yakni St. Mary, Tresco, St. Martin, St. Agnes, dan Bryher. Terdapat pula 140-an pulau lainnya yang tak berpenghuni.

Pulau terbesar dengan populasi terbesar adalah St. Mary’s dengan sekitar 77 persen total populasi menghuni St. Mary’s. Di tempat yang disebutkan belakangan juga terdapat jalan tol, pelabuhan, bahkan bandara untuk pesawat kecil.

Dengan penduduk yang relatif sedikit dan jarak antar perumahan yang dipisahkan laut, tentu sulit membayangkan kalau daerah ini bisa membuat liga. Namun, Isles of Scilly Football League nyatanya sudah diakui oleh FIFA.

Bertanding di Garrison

Kepulauan Scilly cuma punya satu lapangan sepak bola yang terawat dengan baik yakni Garrison yang terletak di Hugh Town, pusat kota St. Mary’s. Otomatis Liga Scilly juga digelar lokasi ini.

Pertandingan digelar setiap Minggu pukul 10 pagi. Tim yang bertanding adalah Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers. Minggu selanjutnya, tim yang bertanding adalah Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers, begitu terus sampai musim berakhir.

Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers, dua klub yang bertanding di Isles of Scilly Football League. (Twitter/@Mark_Jones86)
Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers, dua klub yang bertanding di Isles of Scilly Football League. (Twitter/@Mark_Jones86)

Format kompetisinya adalah kedua kesebelasan bertanding sebanyak 18 kali. Ini dihitung sebagai satu musim. Selain liga, ada pula kompetisi piala macam Piala FA dan Piala Liga, yang bernama Wholesalers dan Foredeck Cup.

Oh, ya, ada pula pertandingan “Si Tua vs Si Muda” yang digelar di Boxing Day setiap tahunnya.

Sebelumnya, terdapat empat kesebelasan di Isles of Scilly. Dua dari St. Mary’s dan satu masing-masing dari Tresco dan St. Martin’s. Akan tetapi penurunan populasi pada 1950-an membuat kesebelasan berkurang menjadi hanya dua yang sering disebut “Rangers” dan “Rovers”.

Perubahan terjadi pada 1980-an. Ketika itu, kesebelasan tersebut berganti nama menjadi Garrison Gunners dan Woolpack Wanderers.

Untuk kompetisi resminya, akan berlangsung pada Oktober hingga Mei tahun selanjutnya dengan mempertandingkan 20 pertandingan. Terdapat dua pertandingan eksebisi rutin pada 26 Desember yaitu menghadapi para veteran, dan pertandingan menghadapi para pengamat burung yang biasa datang setiap musim gugur.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini