3 Alasan Barcelona 'Mustahil' Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2021/22

Dalam sepak bola, tidak ada yang tidak mungkin. Namun, data dan fakta bisa membuat Barcelona sulit lolos ke babak 16 besar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 24 November 2021 | 10:00 WIB
Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)

Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)

Bolatimes.com - Pergantian pelatih dari Ronald Koeman ke Xavi Hernandez tak langsung menghadirkan impak positif di tubuh Barcelona.

Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut bahkan terancam gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/22.

Kondisi ini disebabkan hasil termutakhir yang didapatkan Gerard Pique dan kolega dalam matchday kelima Grup E, Rabu (24/11) dini hari WIB. Mereka ditahan imbang 0-0 oleh Benfica.

Hasil ini membuat langkah Barcelona belum aman untuk bisa melaju ke babak gugur. Berikut alasan-alasan Barcelona mustahil lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

1. Sulit Kalahkan Bayern Munich

Sangat berat langkah yang harus dilewati Barcelona untuk bisa lolos ke 16 besar. Mereka akan menghadapi Bayern Munchen pada laga pemungkas Grup E, Kamis (9/12) dini hari WIB.

Semakin sulit rasanya bagi Barcelona untuk bisa menang karena akan bertandang ke Allianz Arena. Di lain sisi, Bayern begitu perkasa ketika tampil di kandang sendiri.

Musim ini di Liga Champions, mereka melumat Benfica 5-2 dan Dynamo Kyev 5-0 di markasnya. Terlebih, Barcelona juga menelan kekalahan 0-3 pada pertemuan pertama dengan Bayern di Camp Nou.

2. Rapor Merah Barca Saat Bertemu Bayern

Di pentas Liga Champions, Bayern Munchen adalah nemesis buat Barcelona. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 10 kali di kompetisi antarklub Benua Eropa.

Dari pertemuan itu, Barcelona menelan 7 kekalahan, 1 kali imbang, dan hanya mengemas 2 kali kemenangan atas Die Roten.

Semakin buruk rapor Barcelona saat bersua Bayern Munchen di Liga Champions karena hanya bisa mencetak 13 gol, sedangkan Bayern mampu membobol gawang Barcelona 25 kali.

3. Bergantung pada Hasil Tim Lain

Kemenangan menjadi syarat utama Barcelona bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Sementara hasil imbang belum tentu meloloskan Blaugrana.

Hasil imbang bisa membuat Barcelona lolos ke babak 16 besar asalkan di laga lain Benfica kalah dari Dynamo Kiev.

Andai Barcelona imbang dan Benfica menang, klub asal Portugal itu dipastikan menemai Bayern ke 16 besar. Meski Barcelona dan Benfica akan sama-sama mengoleksi 8 poin, Benfica unggul head to head usai mengalahkan Barcelona 3-0 di pertemuan pertama.

Jika Barcelona kalah dan Benfica menang, sudah dipastikan Barcelona gagal ke babak gugur. Sementara jika Barcelona dan Benfica sama-sama kalah, maka Barcelona masih bisa lolos ke 16 besar.

Pun jika Benfica hanya bermain imbang, maka Barcelona akan lolos ke 16 besar. Akan tetapi, dua skenario terakhir rasanya akan sulit terjadi karena Benfica sedang berada dalam tren positif.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak