Boladunia

3 Alasan Barcelona 'Mustahil' Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2021/22

Dalam sepak bola, tidak ada yang tidak mungkin. Namun, data dan fakta bisa membuat Barcelona sulit lolos ke babak 16 besar

Irwan Febri Rialdi

Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)
Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)

Bolatimes.com - Pergantian pelatih dari Ronald Koeman ke Xavi Hernandez tak langsung menghadirkan impak positif di tubuh Barcelona.

Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut bahkan terancam gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/22.

Kondisi ini disebabkan hasil termutakhir yang didapatkan Gerard Pique dan kolega dalam matchday kelima Grup E, Rabu (24/11) dini hari WIB. Mereka ditahan imbang 0-0 oleh Benfica.

Hasil ini membuat langkah Barcelona belum aman untuk bisa melaju ke babak gugur. Berikut alasan-alasan Barcelona mustahil lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

1. Sulit Kalahkan Bayern Munich

Sangat berat langkah yang harus dilewati Barcelona untuk bisa lolos ke 16 besar. Mereka akan menghadapi Bayern Munchen pada laga pemungkas Grup E, Kamis (9/12) dini hari WIB.

Semakin sulit rasanya bagi Barcelona untuk bisa menang karena akan bertandang ke Allianz Arena. Di lain sisi, Bayern begitu perkasa ketika tampil di kandang sendiri.

Musim ini di Liga Champions, mereka melumat Benfica 5-2 dan Dynamo Kyev 5-0 di markasnya. Terlebih, Barcelona juga menelan kekalahan 0-3 pada pertemuan pertama dengan Bayern di Camp Nou.

2. Rapor Merah Barca Saat Bertemu Bayern

Di pentas Liga Champions, Bayern Munchen adalah nemesis buat Barcelona. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 10 kali di kompetisi antarklub Benua Eropa.

Dari pertemuan itu, Barcelona menelan 7 kekalahan, 1 kali imbang, dan hanya mengemas 2 kali kemenangan atas Die Roten.

Semakin buruk rapor Barcelona saat bersua Bayern Munchen di Liga Champions karena hanya bisa mencetak 13 gol, sedangkan Bayern mampu membobol gawang Barcelona 25 kali.

3. Bergantung pada Hasil Tim Lain

Kemenangan menjadi syarat utama Barcelona bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Sementara hasil imbang belum tentu meloloskan Blaugrana.

Hasil imbang bisa membuat Barcelona lolos ke babak 16 besar asalkan di laga lain Benfica kalah dari Dynamo Kiev.

Andai Barcelona imbang dan Benfica menang, klub asal Portugal itu dipastikan menemai Bayern ke 16 besar. Meski Barcelona dan Benfica akan sama-sama mengoleksi 8 poin, Benfica unggul head to head usai mengalahkan Barcelona 3-0 di pertemuan pertama.

Jika Barcelona kalah dan Benfica menang, sudah dipastikan Barcelona gagal ke babak gugur. Sementara jika Barcelona dan Benfica sama-sama kalah, maka Barcelona masih bisa lolos ke 16 besar.

Pun jika Benfica hanya bermain imbang, maka Barcelona akan lolos ke 16 besar. Akan tetapi, dua skenario terakhir rasanya akan sulit terjadi karena Benfica sedang berada dalam tren positif.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini