Boladunia

Profil Pedri, Gelandang Muda Barcelona Peraih Golden Boy Award 2021

Mari berkenalan dengan Pedri

Irwan Febri Rialdi

Gelandang muda Barcelona, Pedri. (PAU BARRENA / AFP)
Gelandang muda Barcelona, Pedri. (PAU BARRENA / AFP)

Bolatimes.com - Gelandang muda Barcelona, Pedri, sukses menyabet gelar Golden Boys Award 2021 dari Tuttosport.

Golden Boy Award atau “Bocah Emas” yang diraih Pedri merupakan penghargaan individu paling bergengsi yang dinobatkan kepada pemain-pemain berusia di bawah 21 tahun.

Sebelumnya, Pedri memang menjadi salah satu pesepak bola muda yang tampil mencuri perhatian, baik bersama Barcelona maupun timnas Spanyol.

Pada musim lalu, misalnya, pemain berusia 18 tahun ini sukses mencatatkan 52 laga bersama Barcelona di seluruh ajang.

Dia juga menjadi salah satu pemain penting yang mengantarkan Blaugrana meraih trofi Copa del Rey 2020/2021.

Pada musim yang sama, dia mencatatkan 21 penampilan bersama timnas Spanyol di seluruh ajang, baik itu Kualifikasi Piala Dunia 2022, Euro 2020, maupun Olimpiade 2020.

Sehingga, selama satu musim itu, Pedri mencatatkan 73 pertandingan bersama seluruh tim, baik Barcelona maupun La Furia Roja.

Profil Pedri

Pedri dan Gavi saat mengikuti sesi latihan Barcelona. (Twitter/@sport)
Pedri dan Gavi saat mengikuti sesi latihan Barcelona. (Twitter/@sport)

Lelaki bernama lengkap Pedro Gonzalez Lopez ini merupakan pesepak bola kelahiran Tegueste, Spanyol, 25 November 2002. Saat ini, gelandang tengah Barcelona itu masih berusia 18 tahun.

Sebelumnya, Pedri bergabung dengan tim muda Las Palmas dari CF Juventud Laguna pada 2018. Saat berusia 16 tahun, dia mendapatkan kontrak profesional pertamanya.

Ketika itu, Pedri dipromosikan oleh manajer Las Palmas, Pepe Mel, pada 15 Juli 2019, yang memberikan kontrak berdurasi empat tahun untuk pemain muda berbakat ini.

Debut profesionalnya tercatat pada 18 Agustus 2019 saat berusia 16 tahun. Sayangnya, saat itu timnya kalah 0-1 dari Huesca pada kompetisi kasta kedua Liga Spanyol.

Sementara itu, gol debutnya di kancah profesional tercipta pada 19 September 2019. Satu-satunya gol ini membawa Las Palmas menang 1-0 atas Sporting Gijon.

Hebatnya, gol debut itu mengukuhkan Pedri sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Las Palmas. Sebab, ia baru menginjak 16 tahun, 9 bulan, dan 23 hari.

Tak lama berselang, Barcelona sukses mencapai kesepakatan dengan Las Palmas untuk transfer Pedri, yakni pada 2 September 2019.

Saat itu, transfer pemain ini baru aktif pada 1 Juli 2020. Pedri sepakat untuk meneken kontrak berdurasi dua tahun bersama Blaugrana.

Di skuad timnas Spanyol, sebetulnya Pedri sudah sering dipanggil sejak di kelompok usia U-17. Selain itu, ia juga tercatat pernah bermain bersama Spanyol U-18, U-19, U-21, hingga U-23.

Sedangkan di skuad timnas Spanyol (senior), Pedri mendapatkan panggilan pertama dari pelatih Luis Enrique menjelang ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Debut pertamanya tercipta pada 25 Maret 2021 ketika tim asal Negeri Matador itu berusia Yunani.

Pada Euro 2020, Pedri juga menjadi salah satu pemain dari total 24 nama yang dibawa untuk memperkuat timnas Spanyol.

Pada 14 Juni 2021, ia tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah yang mencatatkan penampilan bersama La Furia Roja di kejuaraan Eropa.

Saat itu, dia bermain sebagai starter ketika timnas Spanyol ditahan imbang Swedia. Usianya ketika itu 18 tahun, 6 bulan, dan 18 hari.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini