Profil Romain Molina, Jurnalis yang Bongkar Skandal-skandal di Sepak Bola

Salah satu skandal yang dibeberkannya adalah dugaan pelecehan pemain Real Madrid, Ferland Mendy

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 21 November 2021 | 15:31 WIB
Romain Molina. (YouTube Romain Molina)

Romain Molina. (YouTube Romain Molina)

Bolatimes.com - Seorang jurnalis yang berbasis di Spanyol, Romain Molina, belakangan menuai perhatian publik karena komentarnya mengenai skandal pemain Real Madrid, Ferland Mendy.

Romain Melina mengomentari sebuah postingan Ferland Mendy di akun Twitter-nya. Mendy geram dengan median yang menggunakan fotonya terhadap pemberitaan dugaan pelecehan seksual.

Sebab, kasus yang sebenarnya terjadi sebetulnya melibatkan Benjamin Mendy, penjaga gawang Chelsea. Akan tetapi, justru fotonya yang digunakan dalam pemberitaan tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Naturalisasi yang Gagal Bersinar di Timnas, Ada Top Skor A-League

Molina pun langsung mengomentari postingan Ferland Mendy. Ia menyindir terkait kasusnya yang pernah menganiaya seorang perempuan.

“Seteuju sekali dengan Anda. Itu keterlaluan, seperti seorang pria yang meninju dan menendang seorang gadis, lalu menunjukkan alat kelaminnya,” tulis Molina.

Skandal itu kemudian dibongkar oleh Molina di kanal Space Twitter. Dia menuturkan bahwa wanita yang menjadi korban penganiayaan serta pelecehan seksual itu berakhir di rumah sakit.

Baca Juga: Wakil Jepang Pecah Telur, Kevin/Marcus Runner Up Indonesia Masters 2021

Kabarnya, kasus yang menjerat Ferland Mendy itu sudah terjadi pada 2018 yang lalu. Namun demikian, kasus pemain Real Madrid ini malah ditutup-tutupi dari publik.

Profil Romain Molina

Romain Molina merupakan seorang jurnalis investigasi berusia 30 tahun yang memiliki spesialisasi dalam sepak bola. Meskipun demikian, ia juga melaporkan dan menulis tentang bola basket.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Meninggal usai Berjuang Lawan Kanker

Selain bekerja sebagai jurnalis, Romain Molina juga kerap menulis buku. Saat ini, dia tinggal di Andalusia, Spanyol, meskipun dilahirkan dan dibesarkan di Prancis.

Di situs pribadinya, ia menggambarkan sebagai “penulis dan dosen lepas yang telah menerbitkan enam buku, serta survei untum New York Times, CNN, BBC, dan Le Temps.”

Sejumlah hasil pekerjaan lelaki kelahiran 3 Mei 1991 ini dapat ditemukan di MSN Canada, The Guardian, The Telegraph, Yahoo Sport UK, dan Irish Times.

Baca Juga: Ramai Solskjaer Dipecat, Nostalgia Jose Mourinho Bersama Man United Disorot

Sepanjang kariernya, Molina telah menulis sebanyak enam buku. Bukunya yang terbaru berjudul The Beautiful Games dirilis pada November 2020. Jurnalis investigasi ini juga menulis Generation Parker dan El Matador Cavani.

Di The Guardian, profil karyanya yang diterbitkan penuh dengan cerita yang berkaitan dengan pelanggaran dalam sepak bola.

Artikel terbarunya yakni ‘FIFA dikritik atas penanganan kasus pelecehan seksual di Mongolia’. Selain itu, ada pula artikel berjudul ‘Penyelidikan Pemerkosaan FIFA terhadap Mantan Direktur FA Haiti yang belum terselesaikan selama 13 bulan.’

Untuk mengenal lebih dekat mengenai sosok Romain Molina, Anda bisa mengikuti akun Instagramnya, @romain.molina.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak