Boladunia

Jadi Andalan, Ini Deretan Pemain Liverpool yang Capai 300 Laga

Deretan pemain ini selalu jadi andalan buat Liverpool.

Rauhanda Riyantama

Striker Liverpool, Roberto Firmino. (Twitter/@LFC).
Striker Liverpool, Roberto Firmino. (Twitter/@LFC).

Bolatimes.com - Mencatatkan lebih dari 300 pertandingan dalam sebuah klub, bukan perkara gampang. Terlebih, klub tersebut berlabel besar seperti Liverpool.

Yang bikin susah lagi ialah si pemain itu bukan didikan akademi Liverpool. Jelas saja, untuk bisa sampai ke laga ke-300 butuh waktu dan konsistensi.

Namun demikian, Bolatimes sudah merangkum sejumlah pemain yang sudah lebih dari 300 laga bertanding buat Si Merah. Siapa saja?

1. Roberto Firmino

Selebrasi Roberto Firmino usai mencetak gol kemenangan Liverpool atas Monterrey dengan skor 2-1. (KARIM JAAFAR / AFP)
Selebrasi Roberto Firmino usai mencetak gol kemenangan Liverpool atas Monterrey dengan skor 2-1. (KARIM JAAFAR / AFP)

Paling baru, Firmino baru saja mencatatkan penampilannya yang ke-300. Tiba di Anfield pada 2015, pemain asal Brasil ini tampaknya akan menyandang status legenda bila bicara catatan bermain.

Firmino memang tak segarang Mo Salah dan Sadio Mane dalam mencetak gol. Tapi, dalam beberapa kesempatan, ia kerap jadi solusi lini depan tim.

2. Pepe Reina

Kiper AC Milan, Pepe Reina (AFP)
Kiper AC Milan, Pepe Reina (AFP)

Reina mencatatkan catatan apik tatkala musim 2006. Ketika itu, dirinya membuat 3 penyelamatan penting saat Liverpool jumpa West Ham di final Piala FA.

Sepanjang kariernya di kota Liverpool, Reina sudah mengemas lebih dari 300 penampilan. Catatan terbaik juga diukirnya dengan 134 nirbobol dari 285 penampilan di Liga Inggris.

3. Martin Skrtel

Pada 2008, Liverpool memboyong bek dari Fenerbahce. Dialah Martin Skrtel.

Selama delapan tahun, Skrtel menghabiskan waktu untuk menjaga jantung pertahanan Liverpool. Rinciannya, 320 laga sudah ia jalani sebelum akhirnya berpisah pada 2016 silam.

4. Lucas Leiva

Lucas Leiva jelas spesial buat Liverpool. Sebab, catatan 346 laga yang sudah dijalaninya bukan catatan yang gampang diukir oleh seorang pemain di sebuah klub.

Meski tak punya olah bola mumpuni atau catatan gol yang banyak, Leiva punya andil dalam keseimbangan lini tengah Si Merah. Setelah masa baktinya habis, ia pindah ke Italia untuk bergabung dengan Lazio.

5. John Arne Riise

Riise bergabung dengan The Anfield Gank pada 2001. Ketika itu, dia datang dari AS Monaco.

Bersama Liverpool, Riise sudah mencatatkan 348 laga. Beroperasi sebagai bek kiri, pemain Norwegia ini sudah mencicipi sejumlah gelar. Paling prestisius tentu saja Liga Champions 2004/05.

6. Sami Hyypia

Pada 1999, Liverpool memboyong Hyypia dari Willem II. Mahar 2,9 juta pound dikeluarkan untuk mendatangkan pemain dengan sepiasil bek tengah ini.

Hyypia adalah pemimpin yang tak kenal takut, pembaca bola yang sangat baik, dan memiliki kemampuan untuk mengatur waktu tekelnya dengan sempurna.

Kualitas tersebut membantu Liverpool memenangkan 10 trofi selama kariernya di Anfield. Hyypia akhirnya membuat 464 penampilan untuk klub sebelum pindah ke Bayer Leverkusen pada 2009.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini