Boladunia

Bawa Jerman Menang Besar, Hansi Flick Catatkan Rekor Istimewa

Jerman tampil buas saat melumat Liechtenstein 9-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Jerman pesta gol 9-0 lawan Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ODD ANDERSEN / AFP)
Jerman pesta gol 9-0 lawan Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ODD ANDERSEN / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Jerman baru saja pesta gol ke gawang Liechtenstein dengan skor 9-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih Hansi Flick pun sukses menorehkan rekor fantastis.

Kemenangan yang tidak mengubah posisi Jerman sebagai pemuncak klasemen Grup J dan telah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, membuat Hansi Flick mencetak tinta emas dalam sejarah Der Panzer.

Ya, kemenangan telak Jerman atas Liechtenstein membuat Hansi Flick membuat dua sejarah sekaligus rekor yang tak tertandingi oleh manajer-manajer Der Panzer sebelumnya.

Kemenangan ini membuat Hansi Flick menjadi manajer timnas Jerman pertama yang mampu memborong kemenangan dalam enam laga perdananya menukangi tim.

Sebagaimana merujuk data Opta, kemenangan besar ini turut membuat Jerman mencetak 27 gol hanya dalam enam laga di bawah sang manajer penerus Joachim Low itu.

Catatan itu turut membaut Hansi Flick menjadi manajer pertama yang mampu mengantarkan timnas Jerman tampil sebegitu produktif dalam enam laga perdana, melebihi para pendahulunya.

Timnas Jerman menekuk Liechtenstein 9-0 di Volkswagen Arena, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB lewat gol-gol Ilkay Gundogan (11' P), Leroy Sane (22', 49')), Marco Reus (23'), Thomas Muller (77', 86'), Ridle Baku (80'), serta dua gol bunuh diri Daniel Kaufmann (20'), dan Maximilian Goppel (89').

Merujuk statistik pertandingan via LiveScore, tim asuhan Hansi Flick tampil begitu dominan dalam laga di mana Liechtenstein harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-9 setelah Jens Hofer diusir wasit.

Jens Hofer diganjar kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Leon Goretzka. Pelanggaran itu pula yang berbuah hadiah penalti bagi Jerman yang kemudian diselesaikan dengan apik oleh Gundogan pada menit ke-11.

Der Panzer tercatat memegang penguasaan bola hingga 73 persen dalam laga ini. Perihal penciptaan peluang, mereka juga sangat luar biasa dengan 31 percobaan yang 23 di antaranya mengarah ke gawang.

Di sisi lain, timnas Jerman benar-benar tak memberikan Liechtenstein kesempatan untuk mencetak gol hingga cuma mampu menciptakan satu percobaan dan itupun tak mengarah ke gawang.

Hasil ini membuat timnas Jerman yang telah lebih dulu memastikan satu tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, kian kokoh di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 24 poin dari sembilan laga.

Sementara Liechtenstein yang sudah dipastikan gugur, tetap berada di dasar klasemen dengan koleksi satu poin.

Jerman masih akan memainkan satu laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 lagi pada 15 November mendatang dengan menghadapi Armenia. Sementara Liechtenstein ditunggu Rumania di tanggal yang sama.

Berikut tiga fakta menarik pasca Jerman menghancurkan Liechtenstein 9 gol tanpa balas dirangkum dari Opta.

  1. Hansi Flick adalah manajer pertama yang memenangkan enam pertandingan pertamanya sebagai pelatih tim nasional Jerman.
  2. Tim nasional Jerman telah mencetak 27 gol dalam enam pertandingan pertama di bawah Hansi Flick - lebih banyak daripada dalam enam pertandingan pertama di bawah manajer lain dalam sejarah mereka.
  3. Usia rata-rata starting XI Jerman hari ini adalah 29 tahun 11 hari - tertua mereka sejak bermain imbang 1-1 dengan Rumania di pertandingan pertama EURO 2000 (30 tahun 86 hari).

Berita Terkait

Berita Terkini