Boladunia

Mengenal Emre Demir, Wonderkid Asal Turki Calon Bintang Baru Barcelona

Emre Demir baru saja direkrut Barcelona dari Kayserispor.

Rauhanda Riyantama

Emre Demir, wonderkid asal Turki yang baru saja direkrut Barcelona. (Twitter/@barcacentre)
Emre Demir, wonderkid asal Turki yang baru saja direkrut Barcelona. (Twitter/@barcacentre)

Bolatimes.com - Barcelona tengah memasuki masa transisi. Menuanya beberapa bintang membuat Blaugrana kini beralih mendatangkan dan memainkan banyak pemain muda, salah satu Emre Demir.

Emre Demir merupakan rekrutan Barcelona pada musim panas 2021 lalu. Remaja yang baru berusia 17 tahun ini didatangkan dari klub Turki, Kayserispor.

Demir datang dengan label calon bintang masa depan Turki. Label ini pun berlanjut di mana ia dicap sebagai calon bintang masa depan Barcelona.

Keyakinan Barcelona bahwa Demir akan menjadi bintang besar terlihat dari klausul penjualannya yang mencapai 400 juta euro atau setara dengan Rp6,5 triliun.

Dalam pernyataan resmi klub, transfer Demir hanya memakan mahar 2 juta euro saja (Rp33 miliar) dan dipinjamkan selama semusim ke Kayserispor. Dengan kata lain, ia baru akan sah bergabung Barcelona pada 2022.

Pada 2022 nanti, Demir takkan serta merta langsung masuk skuad utama Barcelona. Nantinya ia akan tergabung di tim B untuk mengasah kemampuannya terlebih dahulu.

Lantas, siapakah sosok Emre Demir tersebut? Mengapa Barcelona berani meminangnya di usia muda?

Profil Emre Demir

Emre Demir lahir di Mersin, Turki pada 15 Januari 2004. Ia mengawali karier di klub tanah kelahirannya, Mersin Idmanyurdu pada usia 6 tahun.

Dua tahun berselang, Demir pindah ke Kayserispor di mana ia menimba ilmu sepak bola hingga menjadi salah satu bakat muda terbaik di Turki.

Dalam perjalanannya menimba ilmu, Demir sempat menjalani trial di klub-klub Eropa. Tercatat Barcelona dan Paris Saint-Germain pernah menjadi tempatnya untuk trial.

Saat trial di Barcelona, Demir muda yang baru berusia 13 tahun memiliki impian untuk kembali dan membela Blaugrana di masa mendatang.

“Saya pergi ke akademi Barcelona dan tinggal di sana selama sepekan. Saya sangat menyukai suasana di sana dan berjanji pada diri sendiri  akan kembali ke tempat ini suatu hari nanti dan menggunakan jersey ini,” tutur Demir kepada TRT Spor.

Tak disangka, empat tahun berselang impian itu terkabul saat Barcelona meminangnya dari Kayserispor pada September 2021.

Alasan Barcelona meminangnya tak lain karena penampilannya selama bersama Kayserispor, di mana ia telah unjuk gigi saat baru berusia 15 tahun.

Demir menandatangani kontrak profesional bersama Kayserispor pada usia 15 tahun, tepatnya pada 18 Januari 2019 dan berhasil melakukan debutnya beberapa hari berselang.

Debut Demir di kancah profesional terjadi pada ajang Piala Turki pada 22 Januari 2019 melawan Akhisarspor yang berkesudahan 0-0.

Selain itu, Demir juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda di Liga Super Turki saat mencetak gol ke gawang Genclerbirligi S.K pada 9 November 2019 atau saat usianya 15 tahun 299 hari.

Di level tim nasional, Demir tercatat pernah membela Turki U-14, U-15, U-16, U-17, dan U-19 dengan raihan 6 gol dari total 40 laga.

Jika dilihat dari gaya bermainnya, Emre Demir berposisi sebagai gelandang serang atau pemain bernomor 10. Selain itu, ia juga bisa bermain di pos winger kanan atau kiri tergantung kebutuhan tim.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini