Boladunia

Deretan Legenda Sepak Bola Tak Pernah Dapat Kartu Merah, Ada Eks Barcelona

Sejumlah pemain sepak bola lolos dari kartu merah.

Husna Rahmayunita

Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez. (Dok. Real Madrid)
Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez. (Dok. Real Madrid)

Bolatimes.com - Kartu kuning atau kartu merah merupakan ganjaran yang didapatkan seorang pemain sepak bola ketika melakukan sebuah pelanggaran. Ada sejumlah legenda sepak bola yang tak pernah mendapat kartu merah.

Keputusan memberikan kartu merah atau kuning biasanya diambil wasit dengan pertimbangan tingkat keseriusan atau seberapa berbahaya pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.

Semakin tinggi intensitas suatu pertandingan biasanya bakal memperbesar seorang pemain mendapatkan kartu merah. Meski begitu, ada beberapa pemain yang semasa aktif bermain tidak pernah mendapatkan kartu merah.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan ringkasnya seperti dirangkum Bolatimes.com.

1. Michel Platini

Michel Platini (@skysport/Galih)
Michel Platini (@skysport/Galih)

Salah satu legenda hidup sepak bola Prancis ini menjadi sosok yang tidak pernah mendapatkan kartu merah selama masih aktif berkarier sebagai pemain dari 1972 hingga pensiun pada 1987.

Selain menjadi penyerang yang disegani, Platini juga merupakan pemain yang bisa menjadi pemimpin tim. Tercatat dia memainkan 432 laga selama berkarier dengan mencetak 224 gol.

2. Hernan Crespo

Mantan striker Inter Milan, Hernan Crespo. (Emilio Andreoli/AFP).
Mantan striker Inter Milan, Hernan Crespo. (Emilio Andreoli/AFP).

Masih pemain yang beroperasi di lini depan, pemain yang tak pernah mendapatkan kartu merah selanjutnya adalah legenda Argentina, Hernan Crespo.

Mantan pemain AC Milan, Inter Milan, dan Parma ini tercatat memainkan 610 pertandingan dengan mendapatkan 23 kartu kuning dan tak pernah diganjar kartu merah oleh wasit.

3. Philipp Lahm

Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)
Philipp Lahm bersama Trofi Piala Dunia (Sumber: FIFA)

Meski berposisi sebagai bek dan bertugas menjegal serangan lawan, Philipp Lahm justru menunjukkan kemampuan bertahan ciamik dan ketenangan yang luar biasa.

Selama menjalani 765 laga di semua kompetisi yang banyaknya dilewati bersama Bayern Munich dan Timnas Jerman itu, Lahm menerima 60 kartu kuning tanpa satupun kartu merah.

4. Raul Gonzalez

Pelatih Real Madrid Castilla, Raul Gonzalez. (Instagram/@raulgonzalez)
Pelatih Real Madrid Castilla, Raul Gonzalez. (Instagram/@raulgonzalez)

Bukan hanya kemampuan mencetak golnya yang diakui, kepemimpinan Raul Gonzalez di atas lapangan pun patut diacungi jempol.

Selama berkarier yang kebanyakan dilewati bersama Real Madrid, lalu sempat merasakan bermain di New York Cosmos, Al-Sadd, dan Schalke, Raul sudah memainkan 1018 laga tanpa menerima kartu merah dan mendapatkan 49 kartu kuning.

5. Andres Iniesta

Kapten Barcelona, Andreas Iniesta. (sumber: fcbarcelona.com).
Kapten Barcelona, Andreas Iniesta. (sumber: fcbarcelona.com).

Meski sudah berusia 37 tahun, Andres Iniesta masih melanjutkan kariernya. Kini dia membela tim asal Jepang, Vissel Kobe.

Meski tak lagi muda, Iniesta tetap bisa menunjukkan performa apik dan stabil. Selain dikenal sebagai gelandang kreatif, Iniesta juga merupakan pemain yang bersih.

Total dari 903 pertandingan yang dilewati bersama Barcelona, Timnas Spanyol, hingga Vissel Kobe, Andres Iniesta tak pernah sekalipun mendapatkan kartu merah, meski begitu dia tercatat mendapat 69 kartu kuning.

Itulah deretan legenda sepak bola yang tak pernah dapat kartu merah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini