Ada Buffon hingga Neuer, Ini 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak

Berikut lima kiper yang punya jumlah cleen sheat terbanyak.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 04 November 2021 | 15:00 WIB
Kiper Paris Saint Germain, Gianluigi Buffon (AFP)

Kiper Paris Saint Germain, Gianluigi Buffon (AFP)

Bolatimes.com - Kiper jadi benteng terakhir buat sebuah tim sepak bola. Perannya terbilang krusial jika soal menyelamatkan tim dari kebobolan.

Jika nir bobol, bukan tak mungkin klub bisa terelamatkan dari kekalahan. Paling mentok, tentu saja hasil imbang.

Bolatimes mencatat, sejak era 2000an, ada sejumlah penjaga gawang yang punya catatan clean sheet alias nir bobol. Beberapa di antaranya bahkan sudah memasuki usia senja sebagai pesepak bola.

Baca Juga: Tak Kaget Pengaturan Skor, Raffi Ahmad: Sudah Banyak Dengar

1. Samir Handanovic

Kiper Inter Milan, Samir Handanovic. [MIGUEL MEDINA / AFP]
Kiper Inter Milan, Samir Handanovic. [MIGUEL MEDINA / AFP]

Handanovic merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di dunia saat ini. Sukses bersama Inter Milan meraih gelar juara Liga Italia adalah catatan apik kiper Slovania ini.

Sepanjang kariernya sebagai penjaga benteng terakhir sejak era 2000an, Handanovic sudah bermain di 698 laga. Dari menit bermain yang sudah ia jalani, Handanovic sudah mencatatkan 244 clean sheet.

Baca Juga: Jadwal Hylo German Open 2021 Hari Ini: Indonesia Terjunkan 14 Wakil

2. Hugo Lloris

Kapten Tottenham, Hugo Lloris, saat menghadang peluang kapten Manchester City, David Silva. (Adrian Dennis/AFP).
Kapten Tottenham, Hugo Lloris, saat menghadang peluang kapten Manchester City, David Silva. (Adrian Dennis/AFP).

Nama kedua ada Lloris. Penjaga gawang milik Tottenham Hotspur ini juga punya rekor apik jika soal nir bobol.

Sejak era 2000an, Lloris sudah mentas sebanyak 795 laga baik di klub dan Timnas Prancis. Dari sejumlah catatan itu, dia menorehkan 285 clean sheet.

Baca Juga: Elkan Baggott Masuk Daftar Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

3. Manuel Neuer

Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)
Manuel Neuer menggunakan ban kapten bermotif pelangi di Timnas Jerman. (PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP)

Lanjut ke posisi ketiga dihuni oleh Manuel Neuer. Kiper milik Bayern Muenchen ini juga merupakan deretan kiper terbaik di sepak bola sejak era 2000an.

Pernah berkostus Schalke 04, Neuer sudah mencatatkan 757 pertandingan di seluruh lintas ajang sepanjang kariernya di klub dan Timnas Jerman. Dari catatan itu, dia sudah menorehkan 344 clean sheet.

Baca Juga: Mr Y Akui Atur Skor, Ketua Komite Wasit PSSI Justru 'Tantang' Najwa Shihab

4. Pepe Reina

Kiper AC Milan, Pepe Reina (AFP)
Kiper AC Milan, Pepe Reina (AFP)

Nama keempat jatuh pada Pepe Reina. Namanya memang mulai tenggelam sejak meninggalkan Liverpool.

Tapi. untuk urusan clean sheet, Reina nyatanya punya catatan apik. Dari 883 laga yang sudah dijalaninya di sejumlah klub dan Timnas Spanyol, ia sudah menjaga gawangnya 355 kali tanpa kebobolan.

5. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (Sumber: Twitter)
Gianluigi Buffon (Sumber: Twitter)

Nama terakhir yang punya catatan nir bobol terbanyak adalah Gianluigi Buffon. Tak salah memang karena eks kiper Juventus ini sudah bermain di 900 laga.

Dari catatan itu, Buffon yang kini bermain untuk Parma di Serie B punya catatan nir bobol tertinggi. Adalah 409 laga jalanya tak kebobolan.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak