Boladunia

3 Fakta Seputar Lambang Bunga Poppy di Jersey Klub Liga Inggris

Ada makna mendalam di baliknya.

Husna Rahmayunita

Lambang Bunga Poppy di jersey pemain Burnley, Chris Wood. (AFP/Alex Pantling)
Lambang Bunga Poppy di jersey pemain Burnley, Chris Wood. (AFP/Alex Pantling)

Bolatimes.com - Pada 11 November setiap tahunnya, Inggris dan kawasan Britania Raya merayakan Hari Pahlawan. Mereka menyebutnya dengan Remembrance Day  dan diperingati oleh penduduk termasuk pesepak bola.

Untuk mengingat hari tersebut, para pemain sepak bola di Liga Inggris, pada khususnya, menggunakan tanda bunga poppy di  jersey mereka. Adapun, penggunaan ini dilakukan di setiap akhir Oktober hingga November dengan nama Remembrance Poppy.

1. Asal Usul Adanya Bunga Poppy

Setelah Perang Dunia I, bunga poppy jadi simbol pemersatu dari peringatan para prajuriy yang gugur di medan perang. Mereka mewakili negara yang ikut dalam rentang waktu 1914 hingga 1918.

Bunga Poppy sendiri berwarna merah. Artinya, warna itu dipilih sebagai referensi prajurit ke medan perang. Nah dari kejadian itu, sejak 2012 ditetapkan bahwa setiap klub Premier League memakai bunga poppy di jersey mereka.

2. Untuk Badan Amal

Lambang Bunga Poppy di jersey pemain pemain Chelsea, Hakim Ziyech. (AFP/Alex Pantling)
Lambang Bunga Poppy di jersey pemain pemain Chelsea, Hakim Ziyech. (AFP/Alex Pantling)

Jersey yang dikenakan oleh para pemain kemudian dilelang sebagai bagian dari Poppy Appeal tahunan. Adapun, The Royal British Legion adalah pengelolanya.

3. Penggunaan Bunga Poppy Berpolemik

Penggunaan bunga poppy di jersey para pemain sejatinya masih berbalut kontroversi. Salah satu pemain yang terkenal tak ingin mengenakannya adalah James McClean.

Mclean mengklaim bahwa penggunaan bunga poppy adalah simbol dari segala konflik yang terjadi di Britania Raya. Terutama, kata dia, di Derry [Irlandia Utara] yang merupakan tanah kelahirannya dan tempat ia tumbuh besar.

Di sana, pada 30 Januari 1972, terjadi Bloody Sunday. Tercatat, ada 28 warga sipil tak bersenjata yang ditembaki oleh tentara Inggris saat mereka pawai protes damai.

Itulah fakta-fakta seputar lambang bunga poppy di jersey klub Liga Inggris.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini