Kisah Barcelona yang Bertahan Tanpa Sponsor hingga 2006

Barcelona tak pernah memakai sponsor hingga 2006, ini alasannya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 31 Oktober 2021 | 20:34 WIB
Barcelona/net

Barcelona/net

Bolatimes.com - Barcelona memang menjadi salah satu klub unik yang ada di dunia. Salah satu kisah menarik dari raksasa asal Catalan itu ialah sikap tegas untuk tak memasang sponsor di jersey mereka.

Melansir dari The Guardian, sikap Barcelona untuk tak memasang merek dagang apa pun di muka jersey itu bahkan sudah berlangsung selama ratusan tahun.

Sejak berdiri pada 29 November 1899, keputusan itu terus dipertahankan oleh Blaugrana, setidaknya hingga 7 September 2006.

Baca Juga: 4 Pemain Top yang Ternyata Tak Suka Sepak Bola, Nomor 1 Pecinta Golf

Dengan kata lain, Barcelona telah bertahan untuk bertanding tanpa sponsor di jersey mereka selama kurang lebih 107 tahun.

Itulah sebabnya, seragam yang digunakan Barcelona saat bertanding di ajang apa pun sangat berbeda dengan klub lainnya.

Sebab, klub papan atas dunia selalu berlomba-lomba untuk mencari sponsor terbaik yang akan terpampang di muka jersey mereka.

Baca Juga: Link Live Streaming Final French Open 2021: Menanti Kevin/Marcus Juara

Akan tetapi, Barcelona justru mengambil sikap yang berbeda. Mereka tetap teguh untuk tak menyertakan logo di jersey mereka.

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Sebetulnya, hal ini tak terlepas dari sejarah kelahiran Barcelona yang dianggap sebagai simbol perlawanan penduduk Catalan terhadap rezim diktator Spanyol yang berada di bawah kekuasaan Jenderal Franco.

Pada masa kekuasaannya, Franco berlaku sewenang-wenang terhadap warga Catalan. Keberadaan Barcelona pun dianggap sebagai senjata pamungkas bagi bangsa Catalan untuk melawan.

Baca Juga: Anya Geraldine Temani Sean Gelael Balapan hingga Naik Podium, Pacaran?

Dia memilih untuk tetap berpegang teguh pada tradisi jersey tanpa sponsor yang telah berlangsung sejak awal didirikan.

Namun demikian, keteguhan itu akhirnya berakhir saat Presiden Barcelona ketika itu, Joan Laporta, menandatangani kerja sama dengan Direktur Eksekutif UNICEF, Ann M Veneman.

Kerja sama yang dijalin Barcelona dan UNICEF ini mengakhiri tradisi tanpa sponsor yang terpampang di jersey Blaugrana.

Baca Juga: Tertangkap Kamera, Paul Scholes Disorot saat Joget Bareng Penari Striptis

Akan tetapi, kerja sama yang terjalin selama lima tahun itu, yakni mulai 2006 hingga 1011, sangat berbeda dengan pemasangan logo klub-klub lain.

Pasalnya, Barcelona justru harus membayar 1,5 juta euro untuk memasang logo UNICEF di jersey mereka sebagai bentuk donasi tahunan untuk anak-anak di dunia.

Setelah lima tahun itu berlalu, logo UNICEF di jersey Barcelona akhirnya digeser dengan logo sponsor lainnya.

Sebab, Barcelona saat itu telah menyepakati kerja sama dengan Qatar Sport Investment (QSI) dengan durasi lima tahun, mulai dari 2011 hingga 2016.

Dengan penandatanganan kerja sama itu, Barcelona mendapatkan dana segar dari QSI sebesar 30 juta euro setiap musimnya.

Karena kerja sama itu pula, logo UNICEF juga harus bergeser. Dari awalnya berada di depan, kini dipindah ke belakang.

Selama dua musim pertama, logo yang terpampang di jersey utama Barcelona ialah Qatar Foundation. Namun, memasuki tahun ketiga, logo yang muncul ialah Qatar Airways.

Itulah yang menjadi titik balik bagi perubahan komitmen Barcelona perihal sponsor yang terpampang di jersey mereka.

Setelah sempat bertahan tanpa sponsor, Barcelona akhirnya membuka diri saat menjalin kerja sama dengan UNICEF.

Kerja sama ini jelas dipahami publik karena bertujuan untuk mempublikasikan kerja sama atas nama kemanusiaan dengan UNICEF.

Namun, setelah itu Blaugrana justru kehilangan tradisinya karena mulai mendulang profit dari munculnya logo Qatar Airways di jersey mereka.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak