Boladunia

5 Pelatih dengan Pertandingan Liga Champions Terbanyak, Satu Sudah Pensiun

Lima pelatih berikut ini memiliki catatan pertandingan terbanyak di Liga Champions

Irwan Febri Rialdi

Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Twitter/@ManCity).
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Twitter/@ManCity).

Bolatimes.com - Liga Champions merupakan kompetisi antar klub bergengsi di Eropa baik bagi pemain, pelatih, tim dan para penikmat sepak bola.

Bagi setiap pelatih, Liga Champions menjadi ajang pembuktian akan kecerdasannya dalam menentukan taktik maupun strategi bagi anak asuhnya saat bertanding.

Maka tak mengherankan, sematan terbaik menghampiri para pelatih top dunia saat berhasil membawa timnya meraih Si Kuping Besar.

Pasalnya, untuk meraih gelar tersebut bukanlah perkara mudah. Setiap pelatih harus beradu strategi dengan pelatih hebat dari negara atau tim lainnya.

Jangankan untuk meraih gelar, untuk membawa timnya tampil di Liga Champions saja bukanlah hal yang dapat dilakukan. Sebab, para pelatih harus membawa timnya secara konsisten meraih gelar atau ada di posisi teratas di kancah domestik.

Meski begitu, terdapat beberapa pelatih yang bisa dikatakan kerap membawa timnya lolos dan tampil secara konsisten di Liga Champions. Hal ini lantas berimbang kepada jumlah penampilan sang pelatih di ajang tersebut.

Lantas, siapa saja pelatih dengan jumlah pertandingan terbanyak di Liga Champions?

5. Pep Guardiola

Pep Guardiola dikenal sebagai salah satu pelatih jenius kala berhasil membawa Barcelona menjuarai Liga Champions di musim 2008-2009 dan 2010-2011.

Prestasinya itu membuatnya banyak dipinang klub-klub top Eropa yang secara konsisten tampil di ajang Liga Champions seperti Bayern Munich dan Manchester City.

Karenanya, hal ini berimbas kepada jumlah pertandingan Liga Champions yang ia lakoni. Total 139 laga di ajang tersebut telah ia jalankan dan diyakini akan bertambah mengingat usianya yang masih terbilang muda, yakni 50 tahun.

4. Jose Mourinho

Jauh sebelum Pep Guardiola membuktikan diri sebagai yang terbaik, ada nama Jose Mourinho. Tak tanggung-tanggung, The Special One membuktikan diri sebagai yang terbaik kala membawa tim seperti FC Porto menjuarai Liga Champions 2003-2004.

Keberhasilan itu membuat Mourinho dikenal dunia. Apalagi, torehan itu ia barengi lagi saat membawa Inter Milan menjuarai Liga Champions 2009-2010.

Karena prestasinya itu, Mourinho banyak dipinang oleh klub-klub besar yang juga langganan Liga Champions. Hingga musim 2021-2022 ini, The Special One telah menjalani 151 laga di ajang tersebut.

3. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti juga merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini berkat prestasinya di kancah domestik dan Eropa serta pengalamannya menukangi klub top Eropa.

Tiga gelar Liga Champions telah berhasil direngkuhnya bersama AC Milan dan Real Madrid. Selain itu, ia pernah menukangi klub-klub langganan Liga Champions seperti Chelsea, Bayern Munich, Paris Saint-Germain, Juventus, dan Napoli.

Hingga pertandingan ke-3 fase grup Liga Champions 2021-2022, Don Carlo telah memimpin tim yang ia tukangi menjalani 169 laga di ajang bergengsi itu.

2. Arsene Wenger

Arsene Wenger merupakan salah satu pelatih legendaris yang membuat Arsenal bisa merajai kompetisi domestik yakni Premier League.

Berkat prestasi itu, Arsenal pun kerap lolos ke Liga Champions di mana Wenger memimpi The Gunners sebanyak 188 laga di ajang bergengsi tersebut.

Sayangnya, torehan laga sebanyak itu tak dibarengi prestasi apik. Wenger gagal membawa Arsenal menjadi kampiun Liga Champions. Prestasi terbaiknya adalah menjadi Runner Up di musim 2005-2006.

1. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang masih memegang rekor penampilan terbanyak di Liga Champions yakni dengan 194 laga.

Banyaknya jumlah penampilan tersebut dikarenakan Sir Alex Ferguson telah memimpin Manchester United sejak Rebranding Liga Champions pada 1992 yang dikenal penikmat sepak bola saat ini.

Sejak 1992 hingga 2012, Sir Alex Ferguson juga tak pernah absen membawa Man United tampil di Liga Champions. Dalam kurun waktu tersebut, dua gelar ia berikan yakni di musim 1998-1999 dan 2007-2008.

Berita Terkait

Berita Terkini