Boladunia

Ivan Perisic, Pemain Pertama yang Cetak Gol Penalti Pakai Kaki Kanan & Kiri

Ivan Perisic jadi pemain Serie A pertama yang cetak gol penalti pakai kaki kanan dan kiri.

Rauhanda Riyantama

Ivan Perisic. (Miguel Medina/AFP).
Ivan Perisic. (Miguel Medina/AFP).

Bolatimes.com - Inter Milan memang menelan kekalahan pada laga teranyar mereka di Serie A saat melawan Lazio. Meski demikian, rekor unik berhasil ditorehkan oleh Ivan Perisic.

Pada laga yang berlangsung di Olimpico, Sabtu (16/10/2021) malam WIB, Perisic mencetak satu-satunya gol dalam kekalahan 1-3 yang dialami oleh Inter Milan.

Inter sebetulnya unggul lebih dulu lewat gol Perisic dari titik putih. Namun, Lazio mampu berbalik unggul lewat tiga gol yang masing-masing dicetak oleh Ciro Immobile, Felipe Anderson, dan Sergej Milinkovic Savic.

Meski akhirnya kalah, satu-satunya gol yang dicetak oleh Perisic di laga ini membawa pemain asal Kroasia tersebut mencatatkan rekor unik di Serie A.

Perisic tercatat menjadi pemain Serie A pertama yang mampu mencetak gol penalti menggunakan kaki kanan dan kaki kiri sejak Opta pertama kali menganalisis data pada musim 2004/05.

Mantan pemain Bayern Munich ini memang dikenal sebagai pesepak bola yang punya kemampuan kaki kiri dan kanan sama baiknya.

Perisic memang bermain di posisi sayap kiri. Akan tetapi, ia bukan seorang kidal murni. Ia juga bisa menendang dengan kaki kanan dengan sama baiknya, baik ketika mengumpan maupun ketika melesakkan tembakan.

Aksi Ivan Perisic saat Inter Milan kalah 1-3 atas Lazio dalam lanjutan Liga Italia. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Aksi Ivan Perisic saat Inter Milan kalah 1-3 atas Lazio dalam lanjutan Liga Italia. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Mantan pemain Wolfsburg ini juga memiliki kecepatan tinggi dan merupakan salah satu sayap paling kreatif dalam permainan sepak bola.

Persic juga memainkan peran penting dalam perjalanan hebat Kroasia ke final, mencatat akurasi umpan jauh yang mengesankan sebesar 45,5%, sambil mengirimkan umpan silang dari kedua kaki.

Perisic adalah salah satu pemain dengan dua kaki terbaik saat mengoper, hanya membutuhkan sedikit sentuhan sebelum melakukan operan pada kedua kakinya.

Sayangnya, rekor tersebut tidak bisa membantu Inter Milan meraih hasil positif. Hasil ini sebetulnya disayangkan karena Inter sedang ada di tren positif.

Skuat besutan Simone Inzaghi itu meraih tiga kemenangan dalam lima laga terakhir. Sementara itu, Lazio datang dengan modal buruk usai dikalahkan Bologna 0-3.

Atas hasil ini, Inter Milan tak beranjak dari posisi ketiga klasemen Serie A dengan koleksi 17 poin. Sementara Lazio yang ditukangi oleh Maurizio Sarri, naik ke posisi kelima klasemen dengan 14 angka.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini