Boladunia

Deretan Striker Argentina Selain Messi yang Jadi Top Skor di Liga Top Eropa

Berikut deretan striker tajam selain Messi di liga top Eropa.

Rauhanda Riyantama

Virgil van Dijk saat menghentikan Sergio Aguero pada 3 Januari 2019 (Paul Ellis/AFP)
Virgil van Dijk saat menghentikan Sergio Aguero pada 3 Januari 2019 (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Selain Lionel Messi, Argentina memang tercatat sebagai salah satu negara yang sering menghasilkan pencetak gol terbaik di dunia sepak bola.

Lionel Messi memang untuk saat ini menjadi pesepak bola terbaik asal Argentina. Sebab, prestasinya, baik itu secara individu maupun tim, sangat memukau.

Khusus mengenai gol, pemain yang kini memperkuat Paris Saint-Germain itu pernah mencatatkan diri sebagai top skor La Liga sebanyak delapan kali.

Total gol yang telah dibukukan pemain binaan Barcelona ini memang sangat sulit untuk disamai oleh pesepak bola lainnya.

Namun demikian, selain Messi, sebetulnya ada banyak penyerang asal Argentina yang juga moncer dan sukses menjadi top skor di kompetisi Eropa.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan striker Argentina yang menjadi top skor di kompetisi papan atas Eropa.

1. Gonzalo Higuain

Saat memutuskan hijrah ke Juventus dari Napoli pada 26 Juli 2016, Gonzalo Higuain menjelma sebagai sosok striker yang fenomenal.

Sebetulnya, kiprahnya bersama klub-klub sebelumnya juga tak kalah mentereng, salah satunya ketika berseragam Real Madrid.

Namun, puncak karier Higuain sepertinya tercipta ketika berseragam Juventus. Sebab, mahar 90 juta euro yang dikeluarkan Juve untuk memboyong Higuain dibayar dengan lunas.

Salah satu sumbangsih terbesarnya ialah membukukan 36 gol pada Serie A musim 2015/2016. Jumlah itu mengantarkannya menjadi top skor di akhir musim.

2. Sergio Aguero

Penyerang asal Argentina lainnya yang juga meraih kesuksesan saat berkompetisi di Eropa ialah Sergio Aguero.

Sebab, Sergio Aguero menjelma sebagai sosok penyerang haus gol ketika memperkuat Manchester City.

Salah satu kiprah terbaiknya yakni mencatatkan 26 gol di Liga Inggris musim 2014/2015. Jumlah itu sudah cukup untuk mengantarkan Aguero menjadi top skor.

Sebetulnya, Aguero memiliki rekor gol yang sangat mentereng di Liga Inggris. Jumlah 26 gol yang disebut di atas bukanlah catatan yang pertama.

Sebab, dia sudah sering melesakkan lebih dari 20 gol dalam satu musim. Namun, baru pada edisi 2014/2015 ia dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak di kompetisi Negeri Ratu Elizabeth.

3. Carlos Tevez

Carlos Tevez memang pernah meraih kesuksesan bersama Manchester United. Namun, striker asal Argentina ini meraih kesuksesan yang lebih gemilang ketika berpindah ke Manchester City.

Pada Liga Inggris 2010/2011, misalnya, Carlos Tevez sukses mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak. Selama semusim itu, ia sukses menggelontorkan 20 gol untuk Man City.

Meskipun demikian, jumlah itu serupa dengan catatan penyerang Manchester United, yakni Dimitar Berbatov.

4. Mauro Icardi

Kiprah Mauro Icardi di skuad timnas Argentina memang tertutup bayang-bayang banyak pemain lain di posisi yang sama, termasuk Lionel Messi.

Namun, pencapaiannya ketika bermain di level klub sangatlah impresif. Sebab, Icardi pernah dua kali meraih gelar top skor Liga Italia.

Kedua prestasi individu itu diraih Icardi ketika memperkuat Inter Milan, yakni pada Serie A edisi 2014/2015 dan 2017/2018.

Icardi tercatat enam musim memperkuat Inter Milan. Selama itu pula, dia telah menyumbangkan 124 gol dari total 219 penampilannya bersama I Nerazzurri.

5. Hernan Crespo

Tak berlebihan kiranya untuk menyematkan predikat penyerang terbaik asal Argentina kepada Hernan Crespo.

Sebab, striker yang mengawali kariernya di Eropa bersama Parma itu memang dikenal sebagai sosok mesin gol yang mumpuni.

Namun demikian, gelar top skor Liga Italia justru baru diraih Crespo ketika memperkuat Lazio. Momen itu terjadi pada musim 2000/2001.

Saat itu, Crespo baru menjalani musim perdananya bersama Lazio setelah diangkut dari Parma. Sayangnya, pada musim yang sama ia gagal membawa Lazio meraih juara.

6. Gabriel Batistuta

Penyerang legendaris Fiorentina ini menjadi salah satu pesepak bola terbaik yang pernah dilahirkan oleh Argentina.

Batistuta memang menjadi sosok penting di skuad Fiorentina. Setidaknya, dia sudah mengabdi selama sembilan tahun.

Dari total 331 penampilannya selama berkostum Fiorentina, pemain yang akrab dengan julukan Batigol ini telah menyumbang total 203 gol.

Salah satu kiprah terbaiknya ialah membawa Fiorentina kembali ke Serie A pada musim 1994/1995. Pada musim yang sama, dia juga tercatat sebagai top skor dengan koleksi 26 gol.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini