Boladunia

5 Pemain Hebat yang Tak Masuk Nominasi Ballon dOr

5 pemain ini tak masuk nominasi Ballon d'Or meski tampil hebat selama 2021.

Rauhanda Riyantama

Emiliano Martinez berjabat tangan dengan Cristiano Ronaldo. (AFP/Paul Ellis)
Emiliano Martinez berjabat tangan dengan Cristiano Ronaldo. (AFP/Paul Ellis)

Bolatimes.com - 30 nama pemain yang masuk dalam nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2021 telah resmi dirilis. Setelah edisi sebelumnya sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19, kini penghargaan Ballon dOr kembali diperebutkan.

Dari 30 nama pemain itu, Manchester City dan Chelsea menjadi klub yang menyumbang nama pemain paling banyak. Sejumlah nama pemain Chelsea yang muncul dalam nominasi ini ialah N'Golo Kante, Mason Mount, Cesar Azpilicueta, Romelu Lukaku, dan Jorginho.

Sementara itu, Manchester City mengirimkan nama Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Phil Foden, Ruben Dias, hingga Riyad Mahrez.

Menariknya, ada sederet nama pesepak bola yang tampil luar biasa pada musim lalu, tapi tak masuk dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2021.

Padahal, pemain-pemain ini mampu mencatatkan performa impresif bersama klub maupun tim nasionalnya masing-masing.

Kiprah mereka sebetulnya juga tak kalah hebat dengan beberapa pemain yang masuk nominasi. Namun, sayangnya nama mereka justru tak muncul dalam daftar 30 pemain tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain hebat yang tak masuk nominasi penghargaan Ballon d’Or tahun ini.

1. Federico Chiesa

Pemain Juventus, Federico Chiesa, menjadi salah satu pemain penting di balik keberhasilan Juventus meraih gelar Euro 2020.

Tak munculnya nama Chiesa dalam daftar nominasi peraih Ballon d’Or 2021 sempat mengejutkan publik.

Sebab, Chiesa sukses mencatatkan beberapa kali kontribusi penting untuk mengantarkan timnas Italia melaju hingga fase final Euro 2020.

Salah satu aksi impresif pemain berusia 23 tahun itu ialah mencetak gol penting ke gawang Spanyol pada partai semifinal.

Gol itulah yang mengantarkan Gl Azzurri melaju ke partai final dan akhirnya menumbangkan Inggris untuk naik ke podium juara.

2. Emiliano Martinez

Kiper Aston Villa, Emiliano Martinez, sebetulnya menjadi salah satu pemain yang layak untuk masuk dalam nominasi penghargaan Ballon d’Or 2021.

Sebab, Emiliano Martinez sempat tampil impresif bersama timnas Argentina pada ajang Copa America 2021 lalu.

Penampilannya di bawah mistar gawang timnas Argentina sukses mempersembahkan gelar juara Copa Amerika tahun ini.

Kiper berusia 29 tahun ini juga mencatatkan aksi-aksi heroik bersama Aston Villa sejak didatangkan dari Arsenal. 

Dari total 44 penampilannya mengawal mistar gawang Aston Villa, sampai saat ini Martinez berhasil mencatatkan 18 nirbobol.

3. Jan Oblak

Penampilan piper Atletico Madrid, Jan Oblak, selama beberapa musim terakhir memang terhitung konsisten

Bahkan, berkat aksi-aksinya di bawah mistar gawang, kiper asal Slovenia ini sukses membantu Atletico Madrid meraih gelar La Liga 2020/2021.

Sebetulnya, catatan Oblak jauh lebih positif ketimbang salah satu kiper yang masuk nominasi Ballon d’Or 2021, yakni Donnarumma.

Pasalnya, Oblak sukses mencatatkan 80% penyelamatan dari total 38 pertandingan. Catatan itu lebih baik dari Donnarumma yang hanya mampu meraih 70%.

4. Casemiro

Tak berlebihan kiranya untuk menyebut gelandang Real Madrid, Casemiro, sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini.

Pemain timnas Brasil itu memiliki sederet kemampuan penting untuk menunjang perannya di sektor lini tengah.

Kemampuan defensif Casemiro juga terbukti ampuh. Permainannya di lini tengah sangat solid dan sulit ditembus kawan.

Dari titao 36 pertandingan pada musim lalu, ia mencatat 184 tekel dan intersep. Lalu ada 484 clearance, dan 94 blok dari total 46 pertandingannya bersama Real Madrid dan timnas Brasil.

5. Thomas Muller

Keberhasilan Bayern Munchen meraih gelar juara Liga Jerman musim 2020/2021 tak terlepas dari peran Thomas Muller.

Sebab, Muller sukses memberikan kontribusi besar untuk Munchen. Tak kurang dari 11 gol dan 18 assist dia sumbangkan pada musim itu.

Namun, Muller tetap saja harus berdiri di bawah bayang-bayang Robert Lewandowski yang tampil garang di sektor lini depan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini