Boladunia

Profil Axel Kei, Bocah 13 Tahun yang Lakoni Debut di Liga Amerika

Axel Kei menjalani debut profesional bersama klubnya Real Monarchs.

Rauhanda Riyantama

Potret Axel Kei. (Twitter/@IntChampionsCup)
Potret Axel Kei. (Twitter/@IntChampionsCup)

Bolatimes.com - Axel Kei, penyerang yang bermain untuk klub Liga Amerika Serikat, Real Monarchs, mencatatkan debut yang mengagetkan dunia.

Pesepak bola kelahiran Pantai Gading itu mencatatkan penampilan pertama di ajang profesional saat usianya baru menginjak 13 tahun.

Sebelum direkrut ke tim utama, Axel Kei sebelumnya masih tercatat sebagai pemain binaan Akademi Real Salt Lake pada tahun 2020. 

Saat itu, Axel Kei berhasil meraih gelar pencetak gol terbanyak pada ajang MLS Next Cup U-15 2020.  Sebagai informasi, MSL Next merupakan sistem kompetisi sepak bola usia muda yang berlangsung di Amerika Serikat.

Kompetisi binaan Major League Soccer yang fokus pada pembinaan usia dini itu tercatat pertama kali digelar pada tahun 2020.

Kompetisi ini merupakan suksesor dari ajang sebelumnya, yakni US Soccer Development Academy yang menggelar kompetisi untuk kelompok usia U-13, U-14, U-15, U-16, U-17, dan U-19.

Pada kejuaraan MLS Nexr Cup U-15 itu, Axel Kei sukses mencetak total lima gol untuk Real Salt Lake dan menyabet gelar sepatu emas pada kejuaraan tersebut.

Potret Axel Kei. (Twitter/@RSLAcademy)
Potret Axel Kei. (Twitter/@RSLAcademy)

Sementara itu, pada 8 Oktober 2021, Axel Kei menciptakan debut ketika Real Monarch menghadapi Colorado Springs Switchbacks pada ajang United Soccer League (liga divisi dua Liga Amerika Serikat).

Ketika itu, pemain berusia 13 tahun itu bermain dari bangku cadangan. Dia baru diberikan kesempatan bermain saat laga memasuki menit ke-61.

Ketika itu, dia menggantikan penyerang timnas Amerika Serikat, Bobby Wood, yang ditarik keluar oleh tim pelatih.

Saat mencatatkan debut itu, Axel Kei masih berusia 13 tahun, 9 bulan, dan 9 hari. Dia pun dikukuhkan sebagai atlet profesional termuda yang mencatatkan penampilan dalam sejarah olahraga Amerika.

Sayangnya, pertandingan yang berlangsung di Zions Bank Stadium, Jumat (8/10/2021) itu, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Sebelumnya, status sebagai pemain termuda yang mencatatkan debut di kompetisi sepak bola Amerika Serikat dipegang oleh Freddy Adu.

Ketika itu, dia mencatatkan debut bersama DC United pada tahun 2004. Ketika itu, Adu masih berusia 15 tahun dan 168 hari.

Axel Kei merupakan pesepak bola kelahiran Pantai Gading pada 30 Desember 2007. Namun, saat usianya masih muda, dia pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini