7 Legenda Newcastle United Sebelum Diakuisisi Pangeran Arab

Berikut 7 pemain legendaris Newcastle United sebelum diakuisisi Mohammed bin Salman.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Kiper legendaris Newcastle United, Shay Given. (MIGUEL RIOPA / AFP)

Kiper legendaris Newcastle United, Shay Given. (MIGUEL RIOPA / AFP)

Bolatimes.com - Di tengah-tengah berlangsungnya jeda internasional, Newcastle United justru menjadi klub yang ramai diberitakan dalam beberapa hari ke belakang. Penyebab utamanya adalah klub berjuluk The Maggpies ini resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi pada Kamis (7/10/2021).

Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Dana Investasi Publik (PIF) mengambil alih mayoritas saham klub, yakni sebanyak 80 persen. Sementara, PCP Capital dan Reuben Bersaudara masing-masing 10 persen.

Diberitakan oleh Sky Sports, biaya yang diperlukan untuk mengakuisisi Newcastle United adalah sebesar 300 juta poundsterling atau Rp 5,8 triliun.

Baca Juga: Ronaldo Masih Kalah dengan Legenda Malaysia soal Caps Terbanyak di Timnas

Newcastle sendiri sering disebut sebagai tim mediocre karena performanya di Premier League. Namun, sebagai salah satu tim dengan sejarah panjang di Inggris, Newcastle pernah berjaya baik di domestik dan Eropa.

Bahkan, ada beberapa pemain yang masuk kategori legenda Newcastle sebelum diakuisisi Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Berikut ulasannya.

1. Shay Given

Baca Juga: Rans Cilegon FC Sempat Kalah, Doa Nagita Slavina Tuai Pujian Warganet

Masa bakti kiper asal Irlandia ini di Newcastle terbilang cukup lama yaitu 12 tahun, tepatnya dari 1997 hingga 2009. Dia dianggap sebagai pemain yang bisa tampil konsisten di Newcastle selama bertahun-tahun.

Given tercatat melakoni 463 pertandingan bersama Newcastle dan menorehkan 132 clean sheet. Dia membawa Newcastle mejuarai Intertoto Cup 2006 dan runner-up Piala FA 1997/98.

2. Les Ferdinand

Baca Juga: Lapis Emas, Intip Koleksi Mobil Pemilik Baru Newcastle Mohammed bin Salman

Dibeli dari Queen Park Rangers pada 1995 dengan biaya 6 juta pounds, Les Ferdinand mampu menunjukkan ketjamannya bersama Newcastle.

Pemain asal Inggris ini mencetak 50 gol dari 84 pertandingan di semua ajang. Sayangnya, selama dua tahun di Newcastle, dia tak mampu menyumbangkan satupun gelar.

3. Andy Cole

Baca Juga: Bikin Takjub! Potret Rumah Mewah Mohammed bin Salman, Ada Pintu dari Emas

Sebelum jadi pemain yang besar dan begitu lekat dengan Manchester United, Andy Cole merupakan pemain Newcastle selama dua musim. Dia dibeli Newcastle pada Februari 1993 dari Bristol City dengan harga 1,75 juta poundsterling.

Cole menjelma sebagai predator haus gol dengan mencetak 56 gol dari 72 laga di semua ajang. Ketajamannya itu pula yang bikin Sir Alex Ferguson memboyongnya ke Man United pada Januari 1995 dengan biaya 7 juta poundsterling.

4. Peter Beardsley

Beardsley menjadi salah satu pemain andalan di Timnas Inggris pada era 80an. Dia tampil ciamik bersama Newcastle dari 1983 hingga 1987 dengan mencetak 61 gol.

Penampilan apik itu membuatnya dibeli Liverpool pada musim 1987/88. Di Liverpool, Berdsley baru meraih berbagai gelar seperti Liga Inggris dan Piala FA.

5. David Ginola

Bersama Les Ferdinand, David Ginola cuma membela Newcastle selama dua musim, dari 1995 hingga 1997. Namun, dia mampu mencuri hati penggemar Newcastle dan mendapat julukan 'David Copperfield' dari para pendukung.

6. Kevin Keegan

Striker asal Inggris ini memang cuma membela Newcastle selama dua tahun (1982-1984)). Namun, dia mampu membawa Newcastle United promosi ke Divisi Satu setelah 6 tahun absen.

Keegan kembali ke Newcastle pada 1992 hingga 1997 sebagai pelatih. Dia mempersembahkan gelar Divisi Kedua (Championship) pada 1992 dan dua kali runner-up Premier League.

7. Alan Shearer

Sebagai top skorer sepanjang masa Newcastle United dengan 206 gol dari 404 penampilan, Alan Shearer adalah salah satu legenda Newcastle yang namanya paling dikenal.

Dia bergabung dengan Newcastle pada 1996 dari Blackburn Rovers dengan biaya 3,3 juta poundsterling. Penyerang asal Inggris ini kemudian memutuskan pensiun pada 2006 di Newcastle.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak