Boladunia

7 Legenda Newcastle United Sebelum Diakuisisi Pangeran Arab

Berikut 7 pemain legendaris Newcastle United sebelum diakuisisi Mohammed bin Salman.

Rauhanda Riyantama

Kiper legendaris Newcastle United, Shay Given. (MIGUEL RIOPA / AFP)
Kiper legendaris Newcastle United, Shay Given. (MIGUEL RIOPA / AFP)

Bolatimes.com - Di tengah-tengah berlangsungnya jeda internasional, Newcastle United justru menjadi klub yang ramai diberitakan dalam beberapa hari ke belakang. Penyebab utamanya adalah klub berjuluk The Maggpies ini resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi pada Kamis (7/10/2021).

Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Dana Investasi Publik (PIF) mengambil alih mayoritas saham klub, yakni sebanyak 80 persen. Sementara, PCP Capital dan Reuben Bersaudara masing-masing 10 persen.

Diberitakan oleh Sky Sports, biaya yang diperlukan untuk mengakuisisi Newcastle United adalah sebesar 300 juta poundsterling atau Rp 5,8 triliun.

Newcastle sendiri sering disebut sebagai tim mediocre karena performanya di Premier League. Namun, sebagai salah satu tim dengan sejarah panjang di Inggris, Newcastle pernah berjaya baik di domestik dan Eropa.

Bahkan, ada beberapa pemain yang masuk kategori legenda Newcastle sebelum diakuisisi Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Berikut ulasannya.

1. Shay Given

Masa bakti kiper asal Irlandia ini di Newcastle terbilang cukup lama yaitu 12 tahun, tepatnya dari 1997 hingga 2009. Dia dianggap sebagai pemain yang bisa tampil konsisten di Newcastle selama bertahun-tahun.

Given tercatat melakoni 463 pertandingan bersama Newcastle dan menorehkan 132 clean sheet. Dia membawa Newcastle mejuarai Intertoto Cup 2006 dan runner-up Piala FA 1997/98.

2. Les Ferdinand

Dibeli dari Queen Park Rangers pada 1995 dengan biaya 6 juta pounds, Les Ferdinand mampu menunjukkan ketjamannya bersama Newcastle.

Pemain asal Inggris ini mencetak 50 gol dari 84 pertandingan di semua ajang. Sayangnya, selama dua tahun di Newcastle, dia tak mampu menyumbangkan satupun gelar.

3. Andy Cole

Sebelum jadi pemain yang besar dan begitu lekat dengan Manchester United, Andy Cole merupakan pemain Newcastle selama dua musim. Dia dibeli Newcastle pada Februari 1993 dari Bristol City dengan harga 1,75 juta poundsterling.

Cole menjelma sebagai predator haus gol dengan mencetak 56 gol dari 72 laga di semua ajang. Ketajamannya itu pula yang bikin Sir Alex Ferguson memboyongnya ke Man United pada Januari 1995 dengan biaya 7 juta poundsterling.

4. Peter Beardsley

Beardsley menjadi salah satu pemain andalan di Timnas Inggris pada era 80an. Dia tampil ciamik bersama Newcastle dari 1983 hingga 1987 dengan mencetak 61 gol.

Penampilan apik itu membuatnya dibeli Liverpool pada musim 1987/88. Di Liverpool, Berdsley baru meraih berbagai gelar seperti Liga Inggris dan Piala FA.

5. David Ginola

Bersama Les Ferdinand, David Ginola cuma membela Newcastle selama dua musim, dari 1995 hingga 1997. Namun, dia mampu mencuri hati penggemar Newcastle dan mendapat julukan 'David Copperfield' dari para pendukung.

6. Kevin Keegan

Striker asal Inggris ini memang cuma membela Newcastle selama dua tahun (1982-1984)). Namun, dia mampu membawa Newcastle United promosi ke Divisi Satu setelah 6 tahun absen.

Keegan kembali ke Newcastle pada 1992 hingga 1997 sebagai pelatih. Dia mempersembahkan gelar Divisi Kedua (Championship) pada 1992 dan dua kali runner-up Premier League.

7. Alan Shearer

Sebagai top skorer sepanjang masa Newcastle United dengan 206 gol dari 404 penampilan, Alan Shearer adalah salah satu legenda Newcastle yang namanya paling dikenal.

Dia bergabung dengan Newcastle pada 1996 dari Blackburn Rovers dengan biaya 3,3 juta poundsterling. Penyerang asal Inggris ini kemudian memutuskan pensiun pada 2006 di Newcastle.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini